5 Tips Membuat Katalog Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Marketing – Berdasarkan studi yang dilakukan eBay Research Labs, toko yang menggunakan gambar berkualitas tinggi berpotensi menggandakan tingkat penjualan mereka. Bagi mereka yang menyediakan gambar tambahan lewat fitur slideshow dapat meningkatkan tingkat konversi penjualan hingga 65%. Hal ini menunjukkan bahwa pembeli online menganggap foto produk tetap lebih penting dibandingkan informasi, ulasan, dan penilaian produk. 

Foto produk berfungsi layaknya etalase toko, dan ketika berjualan produk secara online, khususnya item fesyen, katalog produk yang dirancang dengan apik pastinya akan membantu memasarkan produk dengan lebih baik. Jika disajikan dengan konsep yang baik, elemen, properti dan lokasi pemotretan yang sesuai, produk yang ditawarkan akan terlihat makin memikat, yang dapat meningkatkan keinginan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian.

Mengawali langkahnya sebagai platform business-to-customer (B2C), platform teknologi Zilingo mengenalkan layanan pemasaran terpadu bagi merek dan bisnis di tanah air, Zilingo Marketing Services. 

Zilingo Marketing Services menghadirkan berbagai layanan pemasaran, termasuk paket pembuatan katalog. Disajikan dalam format ala carte, merek dan bisnis dapat memilih layanan yang mereka butuhkan mulai dari layanan fotografi dan videografi berkualitas tinggi untuk pemotretan produk, pemotretan tematik dengan konsep khusus, produksi video untuk berbagai kanal, hingga pembuatan katalog cetak untuk bahan promosi.

“ Zilingo Marketing Services hadir untuk membantu para pemilik merek dan pelaku bisnis Indonesia mengatasi tantangan bisnis mereka, khususnya dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis mereka,” ujar Sarah Humaira, VP and Head of Marketing, Zilingo.

Seperti apa sih cara membuat katalog produk yang baik untuk meningkatkan penjualan? Berikut 5 tips membuat katalog produk yang lebih baik untuk produk Anda:

  1. Tampilkan sisi terbaik dari produk Anda

Saat berbelanja online, pernahkah Anda berharap dapat membalik gambar produk untuk melihat sisi lain dari produk tersebut? Mengambil sudut pandang pelanggan, pikirkan sisi mana dari produk Anda yang paling mereka minati. Menyediakan foto produk dari berbagai sisi, khususnya untuk item fesyen dalam sebuah katalog sangat penting untuk memastikan pelanggan atau calon pembeli memahami betul keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Selain semua sisi (depan, samping, dan belakang), foto close-up juga diperlukan untuk menampilkan detail kain, bahan, dan pola jahitan yang ada. Melalui layanan katalognya, Zilingo Marketing Services menangkap setiap detail produk Anda dan memastikan foto produk Anda memiliki kualitas terbaik dalam mendukung aktivitas pemasaran Anda.

  1. Pencahayaan yang baik menghasilkan gambar yang baik

Kondisi pencahayaan yang baik meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh dan menempatkan produk dalam sorotan sehingga memungkinkan pelanggan untuk memiliki gagasan yang jelas bagaimana produk terlihat di kehidupan nyata. Jadi, pastikan ada banyak cahaya terang dan alami di foto Anda untuk hasil terbaik.

Pastikan sudut pencahayaan tidak menghasilkan bayangan, dan jika ragu, selalu gunakan warna yang lebih cerah, ketimbang gelap. Namun berhati-hatilah untuk tidak mengekspos foto Anda secara berlebihan. Zilingo Marketing Services menyediakan fotografer serta studio foto profesional untuk menangkap produk pilihan Anda.

  1. Tentukan atribut yang seragam

Anda pasti ingin menyajikan foto produk Anda sebagai sebuah koleksi. Pastikan setiap produk memiliki ukuran yang sama dan setiap foto diambil dengan gaya yang sama. Pastikan foto memiliki pola yang sama sesuai dengan kegiatan branding dan pesan perusahaan Anda. Apabila memadai, pilih satu tempat di kantor atau gudang Anda sebagai latar belakang tetap guna menjaga konsistensi foto di seluruh lini produk.

  1. Gunakan latar belakang yang kreatif

Pilihan warna latar belakang sangat penting saat menentukan tampilan keseluruhan suatu produk. Zilingo Marketing Services ditunjang dengan para fotografer, creative director, serta stylist berpengalaman serta lebih dari 65 warna latar belakang yang dapat disesuaikan dengan kategori produk Anda.

  1. Periksa kembali hasil katalog Anda

Sebelum Anda mengunggah hasil foto katalog ke situs pilihan, perhatikan kembali katalog secara seksama. Hal ini terdengar sederhana namun langkah tambahan ini dapat membantu mendeteksi hal yang mungkin Anda lewatkan. Meninjau hasil foto itu lagi sebelum diunggah membantu memastikan bahwa foto produk Anda tidak buram, tidak di tengah atau overexposed, tetapi sesuai dengan harapan Anda dan calon pelanggan Anda.

Selain layanan fotografi dan videografi untuk katalog produk, Zilingo Marketing Services juga menawarkan akses mudah ke layanan yang diperlukan seperti model, penata rambut, penata rias dan penata mode (fashion stylist).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.