Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

5 Bisnis Yang Cocok Bagi Mahasiswa Saat Musim Liburan

bisnis musim liburanis musim liburanMenjalankan bisnis ketika musim liburan merupakan peluang yang cerah. Apalagi jika bisnis yang Anda lakukan terkait dengan kegiatan liburan. Nah, biasanya menjelang liburan akhir tahun ini, kegiatan pendidikan akan berhenti sejenak. Baik siswa-siswi sekolah maupun mahasiswa akan memperoleh waktu yang panjang untuk berlibur.

Apabila Anda seorang mahasiswa yang sedang menikmati masa liburan, mengapa tidak memaksimalkan waktu liburan untuk mencetak uang? Ada beragam ladang bisnis yang bisa Anda manfaatkan dan berpotensi mendulang rupiah. Ketimbang harus bermalas-malasan di rumah tanpa ada kegiatan, lebih baik mengubahnya untuk mempertebal tabungan. Bisnis apa yang sekiranya cocok dijalankan?

  1. Jasa Travel

Katakan Anda gemar sekali berwisata dan tahu betul tempat-tempat indah di Indonesia. Jadikan keahlian Anda tersebut untuk menjadi travel guide. Anda bisa menawarkan pada teman-teman, keluarga atau memasang iklan di sosial media. Apalagi menjelang musim liburan, hampir semua orang gencar mencari destinasi liburan dengan bujet yang terbatas. Akan menjadi suatu keuntungan juga bila rumah atau kampus Anda berada di kawasan wisata.

Tips :

Apabila Anda mampu mengemas paket liburan dengan menarik, maka bisa menarik berbagai pasar. Mulai dari anak-anak sekolah hingga orang tua. Dan tawarkan harga yang ekonomis sehingga mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

  1. Camilan

Semua orang pasti setuju bahwa makanan ringan atau camilan adalah kuliner yang wajib dibawa saat liburan. Apalagi jika target pasar Anda adalah anak-anak. Membuat camilan yang mudah dan murah boleh jadi opsi untuk mengisi waktu liburan Anda. Agar lebih menarik, buat bungkus camilan Anda dengan warna-warna cerah. Namun tetap utamakan pada rasanya. Bila rasanya enak, harganya pun terjangkau maka bisnis ini bisa Anda dijalankan berkelanjutan.

Tips :

Buatlah bisnis camilan yang berbeda. Jangan mengikuti arus. Berinovasi dan kreatif adalah modal utama Anda. Berikan juga harga promo pada saat menawarkancamilan Anda. Jika digeluti secara tekun maka akan mendulang pundi-pundi yang sesuai ekspektasi.

  1. Penulis Lepas

Punya bakat menulis yang cukup baik maka jangan sia-sia kan keahlian Anda begitu saja. Apalagi di kampus Anda mengambil jurusan jurnalis dan aktif dalam kegiatan kampus yang terkait dengan bidang media. Cobalah untuk menjadi penulis lepas. Biasanya ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang media yang membuka lowongan untuk magang atau penulis paruh waktu. Mulailah mencari info mengenai penulis lepas di internet. Jadi penulis lepas tidak akan menyita waktu kuliah dan liburan Anda kok.

Tips :

Ketika melamar loker menjadi penulis lepas sertakan juga contoh tulisan Anda. Tujuannya agar perusahaan yang membuka lowongan lebih percaya akan kemampuan Anda dan segera merekrut Anda.

  1. Translator

Selain ada beragam loker penulis lepas, di internet juga kerap tersedia lowongan untuk translator. Pekerjaan ini juga sangat bersahabat bagi para mahasiswa. Anda bisa mengerjakannya di rumah. Kalau kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang bagus, tawarkan jasa Anda pada orang-orang yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.Ajukan juga lowongan Anda sebagai translator di perusahaan-perusahaan asing di Indonesia.

Tips :

Biasanya sebelum direkrut, pihak perusahaan yang hendak menggunakan jasa Anda akan memberi tes terlebih dahulu. Kerahkan seluruh kemampuan berbahasa asing Anda agar pemberi lowongan menjadi percaya dan segera merekrut Anda. Jangan lupa untuk mengerjakannya tepat waktu.

  1. Fotografi

Kebutuhan foto saat ini semakin mendesak, maka banyak orang yang membutuhkan jasa seorang fotografer. Mengabadikan diri ketika ada momennya seperti wisuda, pre wedding hingga pernikahan adalah hal yang wajib. Tawarkan jasa foto wisuda atau pre wedding pada orang-orang di sekitar Anda, atau bisa juga melamar kerja di studio foto sebagai fotografer. Penghasilan dari memotret ini terbilang lumayan tinggi bagi seorang mahasiswa. Lagi pula, bekerja sebagai fotografer dapat sekaligus mengembangkan skill fotografi Anda.

Tips :

Pasarkan bisnis Anda ini mulai dari orang-orang terdekat dahulu. Lalu berikan jasa yang memuaskan sehingga lambat laun akan berkembang dari mulut ke mulut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top