4 Tahun Vakum, Indonesia Maritime Expo Kembali Digelar

Indonesia Maritime Expo 2023, pameran maritimIndonesia Maritime Expo 2023 menghadirkan nama – nama besar di industri maritim dalam dan luar negeri sekaligus menjadi corong promosi perkembangan industri maritim di Indonesia

Marketing.co.id- Berita Marketing | Setelah 4 tahun vakum, Indonesia Maritime Expo 2023 (IME) akhirnya kembali hadir di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, pada 17-19 Oktober 2023. Menargetkan 5.000 peserta, IME 2023 menampilkan 130 peserta pameran internasional dan tiga paviliun resmi dari China, Indonesia dan Belanda. 

Didukung oleh Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), Indonesia National Shipowners’ Association (INSA) dan Indonesia Shipbuilding and Offshore Association (IPERINDO), pameran dagang maritim terbesar di Indonesia ini menghadirkan secara langsung lebih dari 30 eksekutif maritim untuk berbagi keahlian dan pandangan mereka mengenai beberapa isu paling penting yang memengaruhi industri ini.

Ketua INSA Carmelita Hartoto mengatakan, terdapat kebutuhan mendesak untuk meningkatkan dukungan terhadap pengembangan dan kesiapan Industri Maritim Indonesia. Hal ini akan membantu memajukan sektor ini dan meningkatkan daya saingnya di pasar global. Sejalan dengan visi inti tersebut, Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) secara aktif berpartisipasi dan mendukung RX Indonesia dalam menyelenggarakan pameran internasional dan serangkaian kegiatan konferensi di IME.

Ketua INSA Carmelita Hartoto
Ketua INSA Carmelita Hartoto

“Kami dengan sepenuh hati mendukung IME dalam menampilkan transformasi kami dan menyediakan platform berharga bagi seluruh pemangku kepentingan industri untuk berkumpul dan menginspirasi satu sama lain sambil mengatasi masalah-masalah penting,” ujarnya. 

Dalam pameran ini, IPERINDO akan menampilkan beberapa galangan kapal terkemuka di Indonesia dan solusi mutakhir dari PT. DILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA, PT. galangan kapal DUMAS TANJUNG PERAK, PT. DUKUH RAYA, PT. GALANG KAPAL MULTI LAUT, PT. FIBERBOAT INDONESIA, PT. DOK PANTAI LAMONGAN, PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) dan masih banyak lagi.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sepanjang 81.000 kilometer, dan industri pelayaran memiliki peran strategis. Mengingat letak geografisnya, ABUPI akan memimpin sejumlah besar pelabuhan, termasuk PT. FYPE FIBRWRAP INDONESIA, PT. SINARMAS LDA PELABUHAN, PT. SARANA CITRANUSA KABIL, PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA, PT. DELTA ARTHA BAHARI NUSANTARA dan PT. SAMUDERA PELABUHAN INDONESIA.

IME 2023 akan menjadi panggung bagi pameran maritim besar pertama yang menghubungkan pemasok internasional dengan pembeli dari Indonesia, sehingga memungkinkan peserta untuk lebih terlibat dengan audiens target mereka dan mencapai keterlibatan yang kurang dalam empat tahun terakhir.

Perusahaan perusahaan ternama yang turut hadir seperti Apollo Marine, BACHMANN ELECTRONIC, COSCO (WEIHAI) SHIPBUILDING MARINE TECHNOLOGY, GLOBAL FIRE SOLUTION, GRIFFIN GROUP INTERNATIONAL, HIGHLANDER MARINE (ASIA-PACIFIC), INMARSAT, Junma, KOHLER, LFA, MPCC UK, NORCOMMS , RADIO HOLLAND, ROG SHIP REPAIR B.V. (ON-SITE ALIGNMENT), ROXTEC, SCHOTTEL, SKF, Tractors, TWINCO, United Resources, VOLVO GROUP, Weichai dan Weicon akan menggunakan IME 2023 sebagai ajang untuk memamerkan inovasi, layanan dan produk terbaru mereka. 

Event yang diselenggarakan oleh RX Indonesia ini juga menyelenggarakan konferensi. Dengan total 12 sesi, konferensi akan fokus pada topik-topik tren industri utama, termasuk “Industri Maritim Indonesia yang Berkelanjutan dan Hijau”, “Industri Maritim Generasi Berikutnya di Indonesia – Dorongan menuju Digitalisasi dan Inovasi”, Pembuatan Kapal di Indonesia – Pembenahan melalui Teknologi dan Inovasi, “Menjajaki Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Laut di Indonesia”, “Mempercepat Pembangunan Pelabuhan dan Terminal Ramah Lingkungan & Cerdas di Indonesia”, “Mengatasi Sengketa Hukum di Industri Maritim Indonesia”, “Keamanan Maritim, Tantangannya dan Cara Mengatasinya”, serta “Optimalisasi Transformasi Digital Sektor Logistik Maritim Indonesia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.