Kini, analisa SWOT dapat Anda gunakan untuk merek digital Anda. Beberapa langkah berikut dapat diterapkan untuk keperluan tersebut:
Langkah 1 – Gunakan Google Search/Mesin pencari
Carilah merek Anda menggunakan mesin pencari. Jangan hanya menggunakan Google, cobalah mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, MSN dan lainnya.
Langkah 2 – Tinjau laman sosial merek perusahaan Anda
Facebook – Periksa kembali untuk memastikan bahwa Anda telah mengisi “about” pada laman merek Anda. Hal ini penting karena mengasumsikan bahwa Anda memiliki laman perusahaan. Apakah Anda menyertakan tautan ke website, blog dan profil sosial lainnya yang Anda miliki?
Sertakan semua info kontak di bawah “Basic Information” untuk memilih kategori bisnis Anda dari menu drop down. Hal ini penting karena Facebook telah mengeluarkan Grafik Search.
LinkedIn – Anda ingin bisnis mudah ditemukan, kan? Anda akan melihat semua pola. Profil sosial ini memungkinkan perusahaan dan bisnis kecil membuat dan mengelola laman bermerek. Invetasikan waktu di LinkedIn untuk mengisi semua field yang diperlukan dengan deskripsi yang kaya akan kata kunci.
Pastikan setiap salinan tersebut sesuai dengan laman mereka Anda yang lainnya. Selain itu, pastikan juga karyawan Anda terhubung ke laman perusahaan dan Anda harus berbagi konten pada laman tersebut, terutama konten Anda sendiri.
Google+ – Google+ merlupakan peluang baru bagi merek. Google+ merupakan salah satu jejaring sosial baru dan masih jarang digunakan. Sebagian besar merek belum menyadari nilai sebenarnya dari Google+ dengan integrasi YouTube ke Google Local, preview, Hangouts dan masih banyak lagi.
Twitter – Untuk beberapa alasan Twitter masih tetap merupakan hal yang asing bagi banyak merek, namun manfaatnya tidak bisa diabaikan. Sertakan gambar profil dan gambar latar belakang. Gambar belakang memiliki real estate yang berharga yang bisa Anda manfaatkan.
Laman media sosial lainnya – Pinterest, Instagram, Foursquare, Tumblr dan lainnya, pastikan semua profil ini di website Anda – termasuk link terlihat untuk terhubung ke profil Anda – dan konten bermerek konsisten. Gunakan elemen yang sama dari merek Anda – logo, warna, suara, dan gambar merek.
Pastikan bahwa ketika Anda menggunakan gambar, optimalkan merek untuk hasil pencarian. Jika Anda tidak menggunakan alt tag dan desktripsi gambar, Anda akan kehilangan kesempatan besar untuk dapat ditemukan.
Langkah 3 – karyawan Anda
Prosesnya sama seperti langkah 1. Plus, melakukan pengecekan kecil pada orang-orang dalam organisasi Anda. hal ini untuk melihat apakah laman muncul di profil staf atau karyawan Anda.
Sisi positif – pastikan Anda menggunakan Grafik Search untuk kepentingan merek. Hal ini untuk memeriksa profil karyawan Anda dan mengonfirmasi merek untuk manaruh laman perusahaan ke daftar mereka. jika karyawan Anda bukan sales sekalipun, merek masih adalah perpanjangan dari merek Anda, dan merek harus menjadi salah satu asset marketing terbesar Anda.
Langkah 4 – memiliki digital media – blog dan situs web merek
Blog perusahaan Anda – Jika perusahaan Anda memiliki blog, itu akan menjadi sebuah kekuatan. Namun sayangnya, banyak merek yang enggan mengambil langkah ekstra ketika mereka menulis konten yang dioptimalkan untuk search engine.
Central marketing hub – ini juga dikenal sebagai website Anda. Sebagian besar merek menjadikan website sebagai gudang senjata pemasaran. Untuk itu, pastikan konten website Anda dikelola secara teratur dan diisi dengan konten yang relevan. Website berarti tentang kinerja, mereka berada di sekitar yang ditemukan di search engine. Dengan begitu, Anda harus mulai melakukan audit SEO website Anda. Intinya adalah, Konten digital harus dipantau, diperiksa dan diperbarui secara berkala.