2013: UKM Menjadi Lebih Mobile dan Kompetitif

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Koneksi yang lebih baik dengan pelanggan dan penggunaaan sumber daya yang lebih efisien akan mendorong masa depan investasi TI.

Marketing.co.id – Usaha kecil dan menengah (UKM) berencana memperluas penggunaan teknologi mereka untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, pilihan mobilitas, dan efisiensi operasional.

Menurut sebuah studi dari ComTIA, asosiasi perdagangan nirlaba untuk teknologi informasi menyebutkan, sekitar 71% UKM yang disurvei mengatakan mereka akan meningkatkan anggaran TI mereka sebesar 10 persen atau lebih selama 12 bulan ke depan.

“Saat ini, teknologi lebih mudah diakses, lebih terjangkau, dan lebih tersedia untuk UKM daripada sebelumnya,” kata Seth Robinson, direktur analisis teknologi di CompTIA.

Menurutnya, UKM tidak mungkin memiliki banyak modal untuk berinvestasi, sehingga mereka harus jeli menggunakan setiap dolar yang mereka keluarkan. Tetapi, sebagian besar dari mereka bersedia menghabiskan uang untuk teknologi baru. Terutama solusi yang memberi mereka kemampuan setara dengan perusahaan yang lebih besar.

“Teknologi memainkan peran integral dalam kehidupan usaha kecil dan menengah,” terangnya.

Salah satu pemicu keputusan membeli selama 12 bulan ke depan adalah keinginan untuk efisiensi jaringan yang lebih baik dan ketahanan, hubungan yang lebih baik dengan pelanggan online, dan dalam lingkungan mobile meningkatkan manajemen sumber daya dan pelacakan, serta analisa bisnis.

Cloud computing dan mobilitas merupakan perangkat yang akan mereka gunakan. Sedangkan business intelligence adalah teknologi baru dengan tingkat adopsi paling tinggi saat ini,” kata laporan itu.

Bidang lain yang dianggap penting oleh UKM adalah media sosial. Sekitar 35% dari responden yang disurvei sudah terlibat dengan media sosial, dan 30 % lainnya berencana untuk menggunakannya dalam 12 bulan ke depan.

Banyak manfaat media social antara lain untuk mengkomunikasikan penawaran khusus kepada pelanggan menduduki puncak daftar (68%), diikuti membangun brand awareness (62%), menanggapi pertanyaan pelanggan (57%), menanggapi keluhan pelanggan (52%), meminta masukan pelanggan (34%), dan memahami dinamika pasar (24%) .

“Pengalaman positif telah berkolerasi baik dengan beberapa perusahaan yang telah meluangkan waktu untuk membangun strategi media sosial,” kata laporan itu.

Penelitian ini juga menemukan hampir sepertiga dari UKM telah menerapkan teknologi cloud computing, dengan penggunaan tertinggi berasal dari usaha menengah (42 persen).

Aplikasi yang paling banyak digunakan UKM saat ini adalah Storage dan backup (71%). E-mail (62 persen), pengelolaan dokumen (59 persen), kolaborasi (56 persen), dan CRM (53 persen).

Studi CompTIA tersebut didasarkan pada survei online dari 602  profesional bisnis dan TI di  di bisnis kecil dan menengah Amerika Serikat. (destinationcrm.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here