180spm, Specialty Store untuk Komunitas Pelari Buka Toko Kedua

Marketing.co.id  –  Berita Retail | Anda seorang maratonis berpengalaman, pelari santai, atau baru memulai olahraga lari? Jika Anda ingin mencari berbagai perlengkapan olahraga lari bisa  mendatangi salah satu store di One Satrio, CBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pasalnya di sana baru saja dibuka 180spm, sebuah toko yang menjual berbagai perlengkapan lari dari berbagai brand ternama.

Sejak berdiri pada Mei 2021, 180spm menyediakan segala kebutuhan pelari dan menyediakan merek-merek papan atas seperti Salomon, Saysky, Doxa, Soar, Ciele, Brooks, ON, Strasse, dan Pas Normal Studios. “Kami menyediakan segala kebutuhan pelari mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki,” tutur Andhika Pratama, Direktur PT Surya Bumi Retailindo, saat ditemui disela-sela Grand Opening 180spm, Sabtu, 17 Juni 2023.

180spm di One Satrio adalah toko kedua milik Surya Bumi Retailindo. Toko pertama 180spm sudah hadir di SCBD, Jakarta Selatan.Nama 180spm didapatkan saat Olimpiade tahun 1984, di mana Pelatih Jack Daniels mengamati kecepatan langkah pelari jarak jauh kelas elit. Dari 46 atlet, hanya satu yang memiliki kurang dari 180 langkah per menit (spm).

Baca juga: Generali Beri Proteksi Asuransi kepada 10.000 Pelari Borobudur Marathon 2023

Berdasarkan pengamatannya Daniels menyadari, bahwa tidak ada pelari pemula yang ia latih yang memiliki kecepatan lebih dari 180 spm. Meskipun konsep “jumlah langkah sempurna per menit” telah berkembang, 180spm ingin menyediakan sepatu lari yang sesuai dengan tujuan dan pencapaian individu tiap pelari.

Toko 180spm yang baru dibuka menampilkan konsep unik, fokus tidak hanya pada ritel tetapi juga membangun komunitas lari yang berkembang. Terletak di luar lingkungan mall, toko ini juga berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi para pelari untuk saling terkoneksi, berbagi pengalaman, dan memperkuat rasa kebersamaan. 180spm juga telah mendirikan komunitas bernama OneEightyRun, di mana para individu dengan minat yang sama dapat bersatu, berpartisipasi dalam acara-acara lari, dan saling mendukung dalam perjalanan lari mereka.

Mengenai langkah ekspansi berikutnya, Andhika mengatakan berencana membuka jaringan toko perlengkapan lari di berbagai daerah. “Potensinya pasarnya besar sekali, saya sendiri juga pelari, hampir setiap minggu ada event running, dan animonya selalu luar biasa,” katanya.

180 SPM
Andhika Pratama, Direktur PT Surya Bumi Retailindo

Melihat animo yang tinggi, pihaknya menggandeng komunitas pelari di berbagai daerah seperti Medan, Surabaya, Yogyakarta, Kalimantan, Bandung, dan Tangerang. “Tidak menutup kemungkinan di beberapa kota tersebut kami hadirkan community based running specialty store 180spm. Jika ditanya kapan ekspansi berikutnya kita lihat di kwartal 1 2024,” lanjut Andhika.

Baca juga: Selamat! EIGER Mendunia lewat Toko Internasional Pertama di Swiss

Pembukaan toko 180spm yang kedua memiliki makna istimewa, karena bertepatan dengan perayaan Global Running Day. Inisiatif global ini bertujuan untuk mempromosikan kebahagiaan dan manfaat lari, menginspirasi individu di seluruh dunia untuk mengikuti gaya hidup aktif dan sehat.

“Kami sangat senang untuk memperluas keluarga 180spm dan membuka toko kedua kami. Grand Opening ini tidak hanya menandai tonggak penting bagi 180spm, tetapi juga mewakili babak baru dalam perjalanan kami untuk memberdayakan pelari dari berbagai latar belakang. Kami mengundang komunitas lari untuk bergabung dengan kami pada tanggal 17 Juni dan merasakan atmosfer yang bersemangat serta layanan personal yang mendefinisikan 180spm,” ujar Anna Lisnawati, Store Manager 180spm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.