Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Tuesday, October 14, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Instagram
Linkedin
TikTok
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home MARKETING 10 Logo Tertua di Dunia yang masih Digunakan hingga Hari ini
    • MARKETING

    10 Logo Tertua di Dunia yang masih Digunakan hingga Hari ini

    By
    Tony Burhanudin
    -
    February 22, 2023
    0
    [Reading Time Estimation: 3 minutes]

    Marketing.co.id  –  Berita Marketing| Dalam dunia pemasaran peran logo tidak bisa dianggap remeh. Melalui logo perusahaan atau merek menjadi lebih mudah dikenal dan diingat. Itu sebabnya perusahaan atau merek tidak sembarangan dalam membuat logo. Bahkan, mereka sampai melibatkan konsultan pemasaran dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

    Selain itu, perusahaan dan merek juga tidak akan mengganti mengganti logo meskipun logo tersebut sudah berusia ratusan tahun, karena terbukti logo berhasil ikut berkontribusi dalam meningkatkan kinerja perusahaan atau merek.

    Dikutip dari tailorbrands.com, logo adalah gambar, teks, bentuk, atau kombinasi dari ketiganya yang menggambarkan nama dan tujuan bisnis secara singkat. Lebih dari sekadar simbol, logo yang dirancang dengan baik dapat menceritakan kisah perusahaan dan membawa pesan sebuah merek, sehingga tercipta hubungan emosional antara perusahaan/brand dengan dengan audiens.

    Baca juga: Memilih Tagline yang Tepat untuk Bisnis Anda

    Di antara sekian banyak logo yang mungkin kita sering baik di platform offline atau online, beberapa merek ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Kehadiran logo tersebut sudah melampaui berbagai era mulai dari era kejayaan media cetak, media elekronik, hingga media digital saat ini.

    Dilansir dari imagerelay.com, “Stella Artois” memiliki logo perusahaan tertua yang masih digunakan sampai sekarang, dengan klakson dan bintang khasnya yang berasal dari tahun 1366, ketika pembuatan bir Den Hoorn pertama kali didirikan di Belgia.

    Nama “Stella” berarti “bintang” dalam bahasa Latin dan terinspirasi oleh bir musiman pertama tempat pembuatan bir tersebut, yang disebut Bintang Natal. Nama “Artois” adalah penghargaan perusahaan kepada Sebastian Artois, pembuat bir di Den Hoorn. Terlepas dari perubahan nama, tanduk dan bintang dari logo lama yang pernah menghiasi bagian depan tempat pembuatan bir asli masih menjadi fitur yang menonjol di logo Stella Artois hingga lebih dari 600 tahun kemudian.

    Perusahaan teh Inggris “Twinings” memiliki logo tertua yang terus digunakan tanpa perubahan pada desain logo. Logo tersebut dibuat lebih dari dua abad yang lalu, pada tahun 1787. Logo ini mencirikan lambang keluarga Twining dan mengambil referensi dari China, tempat dimana teh diambil.

    Logo Twinings
    Foto: Istimewa

    Logo perusahaan mobil tertua yang masih digunakan adalah logo Mitsubishi. Lambang tiga berlian merah dari logo merek mobil Jepang ini digunakan sejak tahun 1873. Mungkin Anda penasaran makna dari logo tersebut? Pendiri asli Mitsubishi, Yataro Iwasaki, memilih tanda tiga berlian sebagai lambang untuk mewakili lambang keluarga tiga daun dari majikan pertamanya dan untuk mewakili tiga belah ketupat yang membentuk lambang keluarga Iwasaki.

    Baca juga: Satukan Visi Bersama Bluebird Group, Cititrans Kenalkan Logo Baru

    Logo Mitsubishi juga merupakan representasi langsung dari nama perusahaan, karena “mitsu” berarti tiga sedangkan “hishi” adalah kata dalam bahasa Jepang untuk bentuk berlian atau belah ketupat. Di Jepang, bunyi “H” dilafalkan seperti “B” saat berada di tengah kata, oleh karena itu nama perusahaan dieja dan dilafalkan sebagai Mitsubishi.

    Berikut adalah 10 logo tertua yang masih eksis hingga hari ini:

    1. Logo Stella Artois, pertama kali digunakan pada tahun 1366.
    2. Logo Twinings, pertama kali digunakan pada tahun 1787.
    3. Logo Palang Merah Amerika, pertama kali digunakan pada tahun 1864.
    4. Logo Nestle, pertama kali digunakan pada tahun 1868.
    5. Logo Heinz, pertama kali digunakan pada tahun 1869.
    6. Logo Amstel Bier, pertama kali digunakan pada tahun 1870.
    7. Logo Mitsubishi, pertama kali digunakan pada tahun 1873.
    8. Logo Bass Ale, pertama kali digunakan pada tahun 1876.
    9. Logo John Deere, pertama kali digunakan pada tahun 1876.
    10. Logo Boots, pertama kali digunakan pada tahun 1883.
    • TAGS
    • branding
    • logo
    Previous articleBagaimana Mengukur Viewability CTV untuk Pengiklan?
    Next articleFokus Pada Kualitas, Nachi Raih Top Brand Award 2023
    Tony Burhanudin
    Tony Burhanudin

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi OKTOBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • Peluang, Tantangan, dan Tips Sukses Memulai Usaha Ayam Goreng Krispi October 14, 2025
    • Crystalin RunXperience 2025 Gaet Lebih dari 8.000 Pelari October 14, 2025
    • Indonesia, India, dan Vietnam Dorong Pertumbuhan Aplikasi Seluler Global di 2025 October 14, 2025
    • Great Eastern Life Indonesia Dorong Literasi Finansial Anak lewat Permainan Interaktif October 14, 2025
    • 5 Kota Terpopuler yang Sering Dijadikan Destinasi Wisata untuk Liburan Panjang October 14, 2025
    • Ini Rahasia Foto Liburan Estetik dengan Bantuan AI October 14, 2025
    • Elegansi Vicenza Yang Tak Lekang Waktu October 14, 2025
    • Ecolab Perkenalkan Teknologi Direct-to-Chip Pertama di Asia Tenggara October 14, 2025
    • 5 Tips Jaga Kebugaran Seru Bareng Pikachu October 14, 2025
    • Pentingnya Memahami Visual Produk untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Nilai Jual October 14, 2025

    EDITOR PICKS

    Smartfren Perluas Akses Digital di Gianyar, Klungkung, Karangasem

    October 13, 2025

    Contrexyn Sukses Imunisasi 1.000 Anak di Jakarta, Perkuat Generasi Emas dan Atasi Zero Dose

    October 10, 2025

    Kalau Produk Anda Bagus, Kenapa Sepi Pelanggan?

    October 8, 2025

    POPULAR POSTS

    Lebih dari 8.000 Penari Penuhi Mall di 11 Kota Serentak dalam Indonesia Menari 2025

    October 13, 2025

    5 Kota Terpopuler yang Sering Dijadikan Destinasi Wisata untuk Liburan Panjang

    October 14, 2025

    Lompatan Besar Agen Asuransi di Era Artificial Intelligence (AI)

    October 8, 2025

    Free Download

    Edisi Oktober 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Instagram
    Linkedin
    TikTok

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami