Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

10 Juni, Selamat Hari Media Sosial 2020

Marketing.co.idHari Media Sosisal 2020 | Peran media sosial saat ini semakin tidak terpisahkan dari aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari. Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui media sosial. Selain dapat memperluas pertemanan atau persaudaraan, media sosial juga dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti penyebaran informasi, kegiatan bisnis, kegiatan sosial atau kemanusiaan, hingga terkait dengan kampanye politik.

Media Sosial untuk pemersatu bangsa, bukan untuk pemecah bangsa.

Dalam dunia bisnis, keberadaan media sosial juga telah memberi banyak kemudahan bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Media sosial banyak digunakan dalam berbagai kegiatan pemasaran, penjualan, promosi, membangun merek, ataupun meningkatkan loyalitas pelanggan. Jangkauan luas dengan biaya sangat efisien menjadikan media sosial sebagai media yang efektif dalam segala kegiatan bisnis.

Meski demikian, masyarakat di Indonesia masih perlu meningkatkan kesadarannya akan etika penggunaan media sosial. Selain berdampak positif bagi kehidupan individu, keluarga, dan dapat meningkatkan citra dunia usaha—seperti merek dan perusahaan, media sosial pun bisa menimbulkan efek negatif jika digunakan untuk tujuan negatif dengan perilaku yang tidak tepat. Fenomena inilah yang akhirnya mendorong dicetuskannya “Hari Media Sosial” oleh Handi Irawan D., CEO Frontier Group, yang juga merupakan penggagas Hari Pelanggan Nasional.

Gagasan tersebut muncul juga karena Handi Irawan melihat fenomena media sosial di Indonesia. Saat ini, masyarakat Indonesia, termasuk remaja, semakin banyak yang memanfaatkan media sosial. Beragam dampak positif pun mulai dirasakan, baik oleh individu ataupun perusahaan. Namun, tidak bisa dipungkiri ada pula dampak negatif yang dihasilkan dari penggunaan media sosial dari oknum-oknum tertentu.

Melalui peringatan Hari Media Sosial, warganet ataupun pelaku usaha diingatkan untuk memanfaatkan media sosial secara positif. Menyampaikan pesan yang memotivasi, menginspirasi, dan ajakan untuk membuat kehidupan yang lebih baik kepada anggota keluarga, kawan, komunitas, atau juga bagi para pelanggannya.

Perlu ditegaskan kembali, menggunakan media sosial dengan bijak dan literasi media dalam masyarakat merupakan benteng terbaik dalam membendung maraknya penyebaran konten negatif.

Selamat HARI MEDIA SOSIAL 10 Juni 2020!

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top