Yang Harus Dilakukan dan Dijauhi Sebelum Resign

Setelah mengajukan surat pengunduran diri, hari terakhir Anda semakin dekat. Anda bisa mengurangi mawas diri – meskipun tanpa sadar – yang akan mempengaruhi cara pandang atasan, rekan kerja, dank lien terhadap profesionalisme Anda. Kesan buruk sering kali sulit dihindari sehingga lebih baik kita tidak meinggalkannya.

resignBerikut 10 hal penting yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika sedang menjalani proses pemberitahuan.

Yang harus dilakukan:

  1. Fokus pada pencapaian akhir.

 Prioritas Anda harus terpusat pada penyelesaian proyek-proyek yang masih berjalan dan melakukan serah terima sebagaimana mestinya pada proyek yang sedang dilaksanakan. Jangan menyisakan apapun hingga hari atau menit terakhir. Tinggalkan meja dengan bersih, dengan pekerjaan yang luar biasa dari tangan yang baik menunjukkan bahwa Anda fokus pada perusahaan walaupun tidak lagi bekerja di sana.

  1. informasikan kepada mereka yang berada di jaringan profesional Anda.

Sangat penting untuk menginformasikan kepada mereka yang berada di jaringan profesional Anda, entah itu klien, rekan bisnis atau rekan kerja yang berkaitan dengan pekerjaan Anda pada sebuah dasar yang tetap sehingga mereka tidak kebingungan saat Anda pergi.

  1. Jaga profesionalitas selama periode pemberitahuan.

 Ini tidak selalu terjadi, tapi terkadang ketika seseorang keluar dari pekerjaannya, dia akan mendapati atasan langsungnya dan/atau rekan kerjanya bersikap menjauh atau menyingkirkan dari percakapan atau aktifitas sosial. Jika itu terjadi, sangat penting bagi Anda untuk tetap profesional, mungkin akan sesulit itu.

  1. Bersyukur.

 Ini sangat menggiurkan bicara tentang seluruh aspek dalam perusahaan yang Anda tidak senang, tapi jangan! Jika Anda ditanya tentang mengapa Anda pergi, jangan memberikan godaan untuk mengatakan hal yang bertentangan dengan pekerjaan Anda di sana. Focus pada yang baik dan tinggalkan yang buruk. Anda akan keluar dari sana sebelum melepaskannya.

  1. Tinggalkan kesan baik.

Jika tidak benar-benar harus, jangan gegabah dalam berperilaku.  Pikir panjang dan keras sebelum melakukan sesuatu. Anda tidak pernah tahu kapan akan bertemu dengan bos atau rekan kerja Anda lagi. Jauh lebih baik membiarkan pintu terbuka untuk kemungkinan masa depan bekerja bersama lagi.

Yang harus dijauhi:

  1. Membuat kesepakatan besar.

Ya, Anda harus benar-benar menginformasikan mereka yang berada di jaringan profesional Anda bahwa Anda akan pergi. Tapi Anda tidak perlu membuat kesepakatan besar di luar ini.  Atasan dan rekan kerja akan lebih menghargai dan mengapresiasi jika Anda tetap rendah hati selama masa ini.

  1. Berfikir Anda sedang berlibur.

Mungkin Anda memiliki beban kerja yang lebih ringan di minggu-minggu terakhir, tapi ini bukan berarti Anda harus menghabiskan hari kerja dengan menonton video di YouTube atau memposting foto di media sosial. Buatlah diri Anda berguna. Tanyakan bos Anda dan anggota kelompok apa yang bisa dibantu. Mereka akan mengapresiasi perhatian dan semangat tim Anda.

  1. Membual tentang pekerjaan baru Anda.

Anda mungkin akan meledak-ledak membicarakan semua kebaikan tambahan dan keuntungan menarik di pekerjaan baru, tapi Anda harus hindari. Anda perlu menjaga energi positif di kantor dan menghangatkan guna meminimalisir kekacauan selama masa transisi ini.

  1. Pergi dengan kesan buruk.

Ini merupakan sebuah dunia yang kecil; ucapan tersebar terlalu cepat dalam perindustrian. Seperti yang telah digarisbawahi di atas, ini sangat penting melihat pada gambaran yang besar dan tetap fokus pada kemungkinan masa depan. Yang lalu biarlah berlalu. Jabat tangan, tebus kesalahan dan pergi sebagai teman.

  1. Melupakan ucapan selamat tinggal.

Agar pergi dengan catatan positif, pastikan memiliki waktu untuk mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang yang bekerja dengan Anda di sana. Sampaikan apresiasi Anda untuk dukungan dan bimbingan mereka, minta maaf untuk keterbatasan Anda, dan saling bertukar kontak detail. Singkatnya, amati kebaikannya. Anda akan merasa lebih baik untuk ini. (Jobstreetcom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here