Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Menjawab Kebutuhan On the Go saat Pandemi untuk UMKM

YOUTAP

Marketing.co.id – Berita UMKM | Seiring dengan semakin tingginya urgensi para UMKM untuk beradaptasi di masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini, Youtap Indonesia menghadirkan beberapa inovasi terbarunya. Inovasi terbaru ini hadir untuk menjawab kebutuhan on the go saat pandemi dari para pelaku usaha.

Baca Juga: Meningkatkan Inovasi di Era Digital

Berdasarkan hasil survei internal untuk menggali kebutuhan dari para pemilik usaha di bulan Mei 2020, Youtap melihat kebutuhan bagi para merchant untuk bisa menjalankan usahanya secara lebih fleksibel dan praktis.

Terlihat dari hasil survei, sebesar 36% dari merchant menyatakan kebutuhan untuk dapat menerbitkan struk belanja menggunakan printer yang dapat digunakan dimana saja dan terjangkau.

Baca Juga: Bahaya Inovasi Produk Premium

Setelah fokus mengembangkan aplikasi yang dapat membantu pelaku usaha menerima berbagai macam transaksi melalui gawai, Youtap Indonesia meningkatkan fitur dari aplikasinya dengan menyediakan Portal Dagang Youtap serta Youtap Print App.

Kedua solusi terbaru ini diharapkan bisa semakin memudahkan pelaku usaha untuk mengetahui informasi lebih mendalam serta memberikan kemudahan dalam menjalankan usaha, yang pada akhirnya dapat meningkatkan skala bisnis.

Baca Juga: Bagaimana Menghadapi Perubahan Pasar dengan Inovasi SCM Cloud?

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto menjelaskan, Portal Dagang Youtap memiliki beberapa perbedaan dengan layanan yang ada di aplikasi. Jika aplikasi berfokus pada penerimaan transaksi pembayaran, pengelolaan barang serta laporan penjualan, Portal Dagang Youtap berfokus pada upaya pengelolaan bisnis yang lebih lengkap.

Untuk mengakses Portal Dagang Youtap, pengguna terlebih dahulu perlu memiliki akun di aplikasi dan untuk merchant besar bisa didapatkan dengan menghubungi tim Sales & Partnership. Setelahnya, para pelaku bisnis dapat langsung login menggunakan Merchant ID.

Baca Juga: Inovasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Lebih lanjut Herman mengatakan, untuk menjawab kebutuhan dari 36% para pelaku usaha yang menginginkan untuk dapat mencetak struk belanja dimana saja, Youtap juga meluncurkan layanan Youtap Print App. Fitur Bluetooth Printer memberikan kemudahan bagi para pedagang yang sering melakukan usahanya di berbagai tempat seperti bazar ataupun pasar tanpa harus terhubung dengan kabel.

Baca Juga: Pandemi Munculkan Inovasi Tren Bisnis Baru di Kalangan UMKM

Beberapa data penting bisa terangkum di dalam struk belanja, antara lain daftar produk yang dibeli, harga, total harga, tanggal dan waktu pembelian, store ID, pos ID, payment trial ID, hingga transaction type. Data inilah yang nantinya bisa membantu pedagang mendapat pencatatan performa penjualan bisnis dan juga memastikan akurasi stok dengan jumlah penjualan produk yang ada.

Baca Juga: Inilah Tantangan Kota-kota Cerdas di Masa Depan

Untuk menggunakan layanan ini, pedagang cukup menghubungkan perangkat Printer Bluetooh merek apapun dengan gawai yang sudah terinstal Aplikasi Dagang Youtap serta Youtap Printer App. Jika sudah, pengguna bisa langsung mencetak struk yang diinginkan setelah membuat transaksi sampai ke halaman payment notification.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top