Yongky Susilo: Konsumen Indonesia Paling “Pede” Sedunia

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

konsumen indonesia

Konsumen Indonesia telah berubah drastis. Hari ini kita telah mengetahui aspek paling penting dari konsumen. Mereka menjadi aspirasional, mereka mencari produk beraspirasi dan berinspirasi, sangat feature oriented dan confident.

Suka tidak suka, Indonesia ternyata telah dua tahun menempati tempat paling atas dalam hal consumer confident. Dengan kata lain, orang Indonesia paling pede di dunia.

“Ini merupakan keuntungan besar, di mana ekonomi bertumbuh secara positif. Konsumen mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi dan yang paling penting mereka tetap belanja di sini,” kata Yongky Susilo, Staff Ahli Aprindo di sela-sela peresmian Hari Marketing Indonesia beberapa waktu lalu.

Akan tetapi menurutnya kita tidak akan berharap sukses hari ini, kita akan melihat sukses dalam 10 tahun mendatang. Indonesia 2020, kita mengantisipasi di mana tahun kita akan masuk menjadi negara dengan ekonomi nomor 10 terbesar di dunia.

“Konsumen Indonesia yang middle class luar biasa besarnya dan itu akan berlipat tiga kali lipat di 2020. Ini merupakan pasar yang luar biasa,” terang Susilo.

Susilo mengingatkan, besarnya potensi pasar Indonesia tersebut bukan hanya diincar oleh pemain-pemain lokal namun juga pemain luar negeri. Untuk itu, kita harus memacu bagaimana memasarkan produk secara efektif dan luar biasa kepada pasar regional maupun luar negeri.

Untuk itulah Hari Marketing Indonesia (HAMARI) dicanangkan, agar pelaku bisnis dan marketing tetap semangat untuk melakukan strategi marketing dan branding.

Editor: Wahid FZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here