Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Yahoo Masih Cari Potensi Iklan Tumblr

YahooTumblr Tren seputar Tumblr kini adalah iklan. Ya, sejak diakuisisi empat bulan lalu oleh Yahoo, platform blog ini terus merasa seperti halnya pengiklan pada umumnya: mengapa dan bagaimana mereka harus memanfaatkan 143 juta jaringan di blog mereka.

Tekanan yang akan dihadapi Tumblr selanjutnya adalah membantu ‘mempersenjatai’ keberadaan merek dalam berbagai cara seperti yang diucapkan oleh Kepala Penjualan Lee Brown kepada Adweek. Brown menunjukkan beberapa area di mana Tumblr belum tersentuh oleh iklan yang segera akan dibuka untuk bisnis.

Misalnya, bagian “Trending” dalam aplikasi mobile-nya, di mana pengguna diarahkan melihat apa yang sedang hot di Tumblr. “Anda tentu bisa melihat bagaimana kami mulai berpikir tentang peluang sponsor dalam area tersebut,” ucap Brown.

Di satu sisi, menyediakan konten bersponsor bisa terbukti sulit dengan basis pengguna sensitif yang cenderung memberontak atas gangguan iklan tersebut. Namun, bisa juga pengguna tidak lagi ‘kaget’ dengan iklan-iklan Tumblr nantinya karena sebelum itu saingannya, Twitter dan Facebook, telah melakukan hal yang sama dengan menyajikan Promoted Trends. Jadi, kalau Tumblr melakukan hal serupa, pengguna mungkin sudah tidak terkejut lagi.

“Bermain dalam sebuah pasar yang sudah terbangun baik bagi Tumblr,” ujar Peter Minnium, Head of Brand Initiatives di Interactive Advertising Bureu kepada Adweek.

Tapi, harus diakui kiprah Tumblr selama ini belum bisa membuktikan dirinya sebagai mesin pemasar yang setara dengan kompetitornya. Bahkan, beberapa merek besar dan agensi mengakui bahwa Tumblr bukan prioritas mereka salah satunya karena Tumblr kerap dibanjiri pornografi.

Tapi tak semua merek besar enggan menggunakan Tumblr. Merek pembuat mobil seperti Ford, Lexus, Audi dan Toyota adalah beberapa di antara merek yang hadir mempromosikan mereknya di Tumblr.

Toyota regional Asia Tenggara misalnya, melalui agensi 22squard, baru-baru ini membuat halaman Tumblr untuk Corolla 2014 dan menggapai para influencer-nya di platform tersebut untuk menyebarkan pesannya. Chris Tuff, Director of Emerging Media di 22squared, mengatakan seperti yang dikutip Adweek, “Anda tentu harus berada di Tumblr”.

Tapi, agensi 22squared tidak membayar Tumblr untuk mempromosikan kampanyenya tersebut. Agensi ini justru lebih memilih Facebook dan Twitter yang bisa melakukan geotarget berdasarkan daerah. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan Tumblr. Geotarget menjadi kunci bagi kampanye regional seperti kampanye Toyota tersebut.

Yang jelas potensi iklan di Tumblr masih terus dicari dan diuji. “Kamu berharap bisa menguji Tumblr bersama Yahoo sebagai platform creative showcase,” kata Vik Kathuria, Managing Director of Digital Investment di MediaCom.

Sumber: adweek

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top