XL Axiata Gandeng OCBC Luncurkan Pinjaman bagi Womenpreneur

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Menyambut International Womens Day 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Program Sisternet mengenalkan fitur baru “FINANSISTER” di aplikasi Sisternet. Berbarengan dengan itu, dengan menggandeng PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC), XL Axiata juga meluncurkan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha serta edukasi literasi digital finansial bagi Womenpreneur Indonesia.

Dengan inovasi fitur yang baru FINANSISTER, XL Axiata optimis Sisternet akan menjadi ekosistem digital perempuan Indonesia yang mampu mendorong para womenpreneur Indonesia dalam berkarya serta memaksimalkan potensi yang mereka miliki, serta mampu ‘naik kelas’. Selain itu, Sisternet juga bisa mencapai target dalam mendukung 1 juta Perempuan Indonesia.

Komisaris Independen XL Axiata, Yasmin S. Wirjawan mengatakan, perempuan memiliki peran ganda dalam keluarganya yakni perempuan sebagai istri yang mengemban tugas dan tanggung jawab di ruang domestik, dan perempuan pekerja menjadi tugas tambahannya di ruang publik demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Baca juga: PFpreneur Beri Pelatihan ke Pengusaha UMKM Perempuan, Ada yang Sukses Jadi Eksportir

“Beberapa peranan yang terpenting termasuk pembimbing untuk anak-anaknya dalam hal keuangan serta membuat perencanaan keuangan keluarga maupun bisnis yang sedang dijalankannya. Melalui fitur baru FINANSISTER, Sisternet menghadirkan sebuah solusi digital untuk mendukung womenpreneur dalam mengatur keuangan, sekaligus edukasi  literasi  keuangan  yang diperlukan,” tuturnya.

Yasmin menambahkan, untuk peningkatan literasi digital keuangan yang meliputi pengetahuan dan informasi tentang perkembangan keuangan digital, serta  memudahkan  untuk mengakses produk dan layanan sektor jasa keuangan secara cepat dan mudah, XL Axiata berkolaborasi dan bersinergi dengan menggandeng OCBC.

Finansister - OCBC dan XL Axiata
Peluncuran Finansister OCBC dan XL Axiata di Jakarta pada Selasa (5/3).

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir mengatakan, survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 menunjukkan fakta menarik terkait literasi keuangan masyarakat Indonesia. Dalam survei tersebut terungkap tingkat literasi keuangan perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki dengan selisih 50,33% dan 49,05%.

“Meski inklusi keuangan masih didominasi kelompok laki-laki sebesar 86,28%, kenaikan angka literasi keuangan perempuan menjadi sebuah pertanda bahwa pemahaman perempuan Indonesia tentang layanan keuangan semakin baik,” ungkap Marwan.

Mengacu pada data tersebut, Marwan melanjutkan, XL Axiata berharap mampu berkontribusi dalam memberikan edukasi literasi digital bagi kalangan womenpreneur, yang didukung oleh layanan konvergensi dengan keamanan siber terbaik untuk privasi data dan keamanan jaringan internet. Selain itu XL Axiata juga mendukung terus percepatan literasi digital melalui program Sisternet yang menyediakan beragam fitur edukasi untuk Perempuan Indonesia.

Direktur OCBC, Lili S. Budiana mengatakan, menuju Indonesia Emas 2045, OCBC percaya bahwa dukungan terhadap perempuan merupakan suatu langkah yang cerdas dan tepat untuk memajukan ekonomi bangsa.

Baca juga: Amartha-IFC Salurkan Permodalan hingga Rp 3 Triliun untuk Perempuan Pengusaha

“Untuk itu, kami senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata karena kerja sama strategis CSR antara OCBC dan XL Axiata ini membuat kami dapat menjangkau para anggota Sisternet dengan tidak hanya memberikan literasi bisnis melalui kelas bisnis dan modul pembelajaran, namun juga inklusi keuangan melalui akses pembiayaan berupa KTA Nyala Bisnis by OCBC,” katanya.

“Melalui FINANSISTER, kami berharap OCBC dan XL Axiata dapat terus bersama-sama menciptakan ekosistem yang kondusif untuk UMKM perempuan agar dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, serta dapat menciptakan dampak yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tambah Lili.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here