Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Website Mendatangkan Seperlima Penjualan

www.marketing.co.id – Keberadaan website tak bisa dianggap sebelah mata. Selain dapat memengaruhi brand awareness, website juga berperan sebagai preference dan mendorong keinginan konsumen untuk membeli.

Begitu besarnya peranan dan manfaat internet menjadikan banyak perusahaan terdorong untuk membuat website sebagai media komunikasi. Selain sebagai sarana perkenalan antara produsen dengan konsumen, website pun digunakan sebagai pusat informasi—biasanya menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan produk. Tak hanya menampilkan gambar, tetapi juga dilengkapi detail spesifikasi hingga kisaran harga produk.

Keberadaan website yang dibangun oleh sebuah perusahaan tertentu, pun dapat dengan mudah menciptakan brand image di benak para pengunjung website tersebut. Informasi yang terpapar di sana dapat memberikan gambaran positif terhadap perusahaan—ini bisa dilihat dari visi, misi, dan lini bisnis yang diemban perusahaan tersebut.

Salah satu perusahaan yang serius dalam mengembangkan website adalah LG. “Pada dasarnya, dengan adanya website LG dapat memberikan nilai lebih bagi konsumen dan pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang LG dan produk yang ditawarkan,” kata David Tjokro, Marketing Director PT LG Electronics Indonesia.

Memang jika ditelisik, website yang beralamat di www.lg.com ini mengedepankan sisi fungsional sebagai pusat informasi bagi konsumen. Selain didominasi informasi produk, LG pun melengkapinya dengan layanan download spesifikasi produk. Bahkan, tak tanggung-tanggung, LG pun menyediakan tutorial cara penggunaan produk dan layanan bagi konsumen.

“Untuk itu, kami selalu memperbarui informasi yang tersaji di halaman website. Umumnya, dalam satu tahun, kami sudah memiliki line up produk yang akan diluncurkan, sehingga sebelum dan sesudah peluncuran produk konsumen bisa mengakses informasi yang dibutuhkan. Termasuk juga, kampanye dan program-program menarik yang sedang digelar,” ujar dia.

Ditambahkan David, keberadaan website LG adalah untuk memberikan nilai tambah ke konsumen mengenai produk. Artinya, semua informasi disajikan secara detail—baik itu soal teknologi, fitur, dan spesifikasi.

“Itulah sebabnya website LG sangat cocok menjadi sumber informasi tentang produk-produk LG. Selain itu, kami juga memahami bahwa service adalah salah satu bagian yang penting. Oleh karena itu, segala sesuatu yang terkait service juga ada di website tersebut. Adapula LG blog yang mendukung website utama kami,” kata David.

Ketika disinggung mengenai dampak adanya website terhadap peningkatan penjualan, David mengutarakan bahwa hal tersebut sulit dijabarkan. Hanya saja, dia menegaskan, adanya website sangat memengaruhi brand awareness dari konsumen terhadap produk LG, preference, serta keinginan untuk membeli dari konsumen. Dengan demikian, konsumen jadi lebih mengetahui mengenai atribut-atribut dan fitur yang penting dari sebuah produk. Kemudian, lebih jauh lagi, semua itu dapat memengaruhi keinginan konsumen untuk membeli.

Tak heran jika website yang semula beralamat di www.lg.co.id pada tahun 2006 ini, menurut data Alexa paling banyak dicari di search engine dengan kata kunci “LG” (30.06%) per 21 September 2011 silam. Begitu juga untuk estimasi persentase pengguna internet yang mengunjungi website LG, jumlahnya naik 15% dibandingkan satu bulan sebelumnya.

“Berdasarkan data yang kami miliki, perkiraan jumlah pengunjung yang mengakses website berkisar 110 ribu orang per bulan. Kami merupakan salah satu perusahaan yang mampu mendatangkan jumlah pengunjung sebanyak itu, khususnya bagi website perusahaan,” tegas dia.

Meskipun sebagian pengunjung yang mengakses website LG terlebih dahulu singgah di search engine, itu bukanlah suatu kendala. Masih ada sebagian lagi yang langsung masuk ke alamat website LG—sejauh ini ada 19–20% pengunjungdan sisanya melalui search engine. Dari angka tersebut, 20–25% proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen datang dari pengguna internet.

Untuk melengkapi itu, LG pun terjun ke media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Saat ini, LG lebih memusatkan perhatian kepada penggunaan Facebook karena dinilai memiliki nilai terkait konten yang ingin disampaikan. Agar lebih menarik, LG pun mengadakan kontes di Facebook ketika ada peluncuran produk baru.

Digital marketing memainkan peranan penting pada saat sebelum dan sesudah peluncuran produk baru. Oleh karena itu, LG benar-benar memanfaatkan dunia digital mulai dari website, Facebook, Twitter, blog, SMS broadcast, bahkan Kaskus. Semua diintegrasikan baik offline maupun online. Cara online dipakai untuk mempromosikan produk dan offline untuk membentuk komunitas,” ungkap David.

“Namun, sampai saat ini website yang kami miliki belum dilengkapi dengan sistem transaksi online. Alasannya, LG memiliki jaringan diler yang luas dan merata di wilayah Indonesia. Jika ada pengunjung yang ingin membeli, kami akan mengarahkan ke diler resmi dan terpercaya untuk ditindaklanjuti. Biasanya, kami merekomendasikan diler yang sudah menyediakan sistem transaksi online,” papar David.

Bagi David, keberhasilan sebuah website dapat diukur melalui purchase decision making process. Tak hanya itu, bisa juga dilihat seberapa besar peranan digital marketing dalam memberikan kontribusi terhadap penjualan. Termasuk pula keinginan konsumen untuk membeli produk. Sedangkan dari atribut brand, bisa dilihat dari tiga segi, yakni smart technology, development, dan reliability product(Fisamawati)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top