#WarisanHingga5Miliar, Cara Mudah Anak Muda Persiapkan Warisan untuk Keluarga

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

asuransi jiwa Flexi LifeMarketing.co.id – Berita Financial Services | Dewasa ini, generasi muda Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Sensus Penduduk 2020, tercatat generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau 27,94%, sedangkan generasi milenial mencapai 69,38 juta jiwa atau 25,87%.
Jumlah generasi muda yang cukup besar ini juga berpengaruh terhadap peningkatan gaya hidup yang konsumtif misalnya travelling, wisata kuliner, atau sekadar hangout di coffee shop. Di sisi lain, aspek menabung dan mempersiapkan hari depan terkadang menjadi hal yang sulit dipenuhi generasi muda tersebut.
Dalam konteks perencanaan keuangan, mempersiapkan warisan juga termasuk salah satu aspek yang harus diperhitungkan sebagai bentuk cinta keluarga. Namun, mempersiapkan warisan masih dianggap jadi satu hal yang sulit sehingga banyak generasi muda yang ragu untuk memulai.
Berdasarkan riset yang dilakukan PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) terhadap generasi milenial pada tahun 2022, tercatat 50,8% sudah berpikir untuk menyiapkan warisan untuk anak atau keluarga dengan cara menabung, sementara 27% mengatakan sudah terpikir untuk menyiapkan warisan, namun belum mulai menabung.
Untuk mengedukasi generasi muda bahwa asuransi jiwa dapat menjadi instrumen yang tepat untuk menyiapkan warisan bagi keluarga, Astra Life berinisiatif mengadakan kampanye #WarisanHingga5Miliar. Kampanye ini mengajak generasi muda untuk mempersiapkan warisan sejak dini bagi keluarga melalui produk asuransi jiwa, yaitu Flexi Life Protection (Flexi Life).
Dengan memiliki asuransi jiwa, perlindungan otomatis langsung tersedia jika nasabah tutup usia dan dapat digunakan sebagai instrumen warisan bagi keluarga untuk melanjutkan hidup. Jika dibandingkan dengan menabung misalnya sebesar Rp5 juta per bulan, diperlukan waktu 1.000 bulan atau 83 tahun agar bisa terkumpul sebanyak Rp5 miliar.
Sedangkan dengan konsep asuransi jiwa, bisa memiliki warisan Rp 5 miliar, generasi muda dapat membayar premi yang jumlahnya jauh lebih kecil dan uang pertanggungan Rp5 miliar langsung tersedia setelah polis aktif tanpa menunggu 1.000 bulan.
Selain itu, asuransi jiwa Flexi Life tidak membutuhkan biaya pemeliharaan / maintenance tinggi jika dibandingkan dengan aset lain. Misalnya, ketika menyiapkan warisan dalam bentuk rumah, kita perlu mempertimbangkan lokasi, biaya pemeliharaan / maintenance, administrasi, pajak, dan ketika akan dijual harus menunggu pembeli dengan proses yang cukup panjang.
Lebih dari itu, peran asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan untuk keluarga yang ditinggalkan. Bila terjadi risiko tutup usia, maka penerima manfaat (ahli waris) yang ditunjuk pemegang polis dapat menerima secara langsung manfaat Uang Pertanggungan (UP) tanpa perlu melalui proses pengadilan atau menunggu ketetapan fatwa waris dari pengadilan, serta tanpa potongan pajak.
Inisiatif Astra Life dalam kampanye #WarisanHingga5Miliar dilakukan melalui kanal media digital dengan mengajak content creator finansial seperti Fellexandro Ruby dan Felicia Putri Tjiasaka, untuk mengedukasi generasi muda bahwa asuransi menjadi instrumen yang tepat untuk menyiapkan warisan dengan lebih cepat dan mudah. Kampanye tersebut telah berhasil mengajak lebih dari 8.400 penonton pada Instagram Live yang dilakukan Februari lalu.
“Produk Flexi Life memiliki keunggulan sifat fleksibel, serta dapat diakses secara online, untuk itu kami optimis dengan dukungan kampanye #WarisanHingga5Miliar Astra Life dapat meningkatkan wawasan dan membantu generasi muda menyiapkan warisan. Kami berkomitmen untuk terus memberikan berbagai fleksibilitas dan kemudahan sekaligus menghadirkan berbagai inovasi untuk memastikan masyarakat dapat terus mencintai hidup, #iGotYourBack,” ujar Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here