News & Event

Waralaba Martabak Kian Manis, Kebab pun Tak Kalah Gurih di 2020

Marketing – Martabak manis dan kebab menjadi salah satu makanan yang familiar di Indonesia. Adanya beragam inovasi membuat kedua makanan tersebut banyak disukai masyarakat, baik dari anak-anak hingga dewasa.

Tak heran jika waralaba (franchise) martabak dan kebab banyak dilirik investor karena masih menjadi lahan bisnis yang gurih untuk menggarap cuan.

Founder & Chairman Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo, mengemukan, berdasarkan survei melalui Google Search, ada 10 kategori waralaba teratas yang paling banyak dicari calon terwaralaba (franchisee) atau mitra.

Posisi pertama ditempati waralaba kebab kemudian diikuti kategori barbershop, martabak, coffe shop, lembaga kursus, bengkel dan aksesoris, salon, klinik kecantikan, minimarket dan apotek.

“Dalam satu bulan ada sekitar 1.300 pencarian waralaba kebab. Angka ini belum spesifik ke merek waralaba, baru pada kategorinya. Yang menarik, waralaba martabak masih menjanjikan di tahun 2020 ini,” jelas Tri.

Tak hanya didasari survei melalui Google. Secara aktual berdasarkan data inkuiri FranchiseGlobal.com, waralaba martabak menjadi kategori teratas yang paling dicari calon investor.

“Dari formulir yang diberikan, ada sekitar 2.762 aplikasi waralaba martabak yang masuk selanjutnya diikuti laundry satuan (1.100), spa, lembaga kursus, kebab, Taiwan snack, broker property, apotek, kursus baca tulis dan hitrogen,” sebut Tri.

Sebagai bentuk dukungan terhadap bisnis franchise, license atau partnership di Indonesia, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan FranchiseGlobal.com untuk kedua kalinya memberikan penghargaan No.1 Franchise Choice Award 2020 & Indonesia The Best Franchisee Award.

Peraih No.1 Franchise Choice Award 2020 adalah merek-merek yang telah berhasil menjadi merek pilihan calon investor berdasarkan hasil survei No.1 Franchise Choice Index pilihan calon franchise buyer atau calon mitra/investor untuk berinvestasi di tahun 2020, dengan tiga aspek penilaian yakni Popularity Aspect, Interest Aspect dan Business Choice Aspect.

Survei menggunakan Quantitative Survey Method dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kombinasi face to face interview di pameran Franchise License Expo Indonesia (FLEI) 2019 dan supplemented phone survei berdasarkan database FranchiseGlobal.com dari 34 provinsi di Indonesia.

Tri menyebutkan survei bertujuan memberikan refrensi kepada calon investor atau mitra usaha waralaba di Indonesia dalam memilih bisnis franchise, license & partnership.

Adapun para peraih No.1 Franchise/License/Partnership Choice Award 2020, yakni Waffelicious (Kategori Waffle), Depo Air Minum Biru (Kategori Air Minum Isi Ulang), Campina (Kategori Ice Cream Corner), Kebab Turki Baba Rafi (Kategori Kebab), Melia Laundry (Kategori Laundry Satuan), Shop&Drive (Kategori Bengkel & Aksesoris Mobil), Apotek K24 (Kategori Apotek), Alfamart (Kategori Minimarket) dan Snapy (Kategori Digital Printing)

“Ada 75 kategori yang disurvei terhadap 500 merek franchise, license & partnership di Indonesia. Data pemenang lengkap setiap kategori akan dipublikasikan di FranchiseGlobal.com,” imbuh Tri.

Sementara para peraih Indonesia The Best Franchisee Award 2020 adalah mereka (franchisee/licensee/mitra) yang telah berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya hingga sukses dan berkembang.

Adapun kriteria penilaiannya di ukur berdasarkan Aspek Pendapatan (Omset), Aspek Promosi (Local Marketing), Aspek Finance (Profit), Aspek Manajemen & SDM serta Aspek Pelayanan.

Penghargaan ini berhasil diraih Waffelicious (CV Nirvana Setia Budi) dengan mitra; Sandro Sugito outlet Bintaro Xchange & Lotte Shopping Avenue, The Emdee Clinic (PT Maju Dinamika Indonesia) dengan mitra; The Emdee Clinic outlet Batam.

Kalijodo Coffee (PT Kalijodo Aladin Indonesia) dengan mitra; Ferry Halim outlet Harco Mangga Dua dan Lie Ju Lan cabang Greenlake & Lotte Avenue, Modern Montessori International (PT MMI Edukasih Indonesia) dengan mitra; Modern Montessori International outlet Pantai Indah Kapuk;

Melia Laundry (PT Melia Pilar Utama) dengan mitra; Carlo Wisnu Yoedoho workshop Alam Sutera dan Solo serta Yosaphat Novin Susanto workshop Citraland Surabaya, Rocket Chicken (PT Rocket Chicken Indonesia) dengan mitra; Suparyonooutlet Banjarmasin;

Auto Clean (PT Autoclean Waterless Indonesia) dengan mitra; Awaluddinoutlet Mall Botani Square, Trans Studio Mall Makassar, Mall Phinist Point dan Trans Studio Mall Bandung;

Roti Gembong Kota Raja (PT Gembong Indonesia Mulia) dengan mitra; Reni Muhrita outlet Dansen-Pontianak dan Serdam-Pontianak, Snapy (PT Snapindo Warlab Sukses) dengan mitra; CL. Setyowati Handayani outletMargasatwa, Bintaro Sektor 5, Lebak Bulus dan Ciputat.

 

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. Newsteen

    2 February, 2020 at 11:56

    Usaha martabak memang sedang menjamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top