Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Vivan Konsisten Berinovasi

Marketing.co.id – Vivan merupakan merek powerbank paling favorit di Indonesia. Produk yang inovatif dan berkualitas menjadi pertimbangan pengguna smartphone memilihnya.

Saat ini banyak smartphone dipersenjatai baterai berkapasitas besar hingga menu pengisian cepat. Namun, keberadaan perangkat penyimpan daya (powerbank) masih banyak dibutuhkan pengguna smartphone di Indonesia.

Inovasi produk Vivan

Yang menarik, meski bersifat penunjang, powerbank menjadi salah satu aksesori smartphone yang paling laris dan punya angka penjualan lumayan. Diperkirakan ratusan ribu unit dari berbagai merek dan kapasitas terjual setiap bulannya.

“Masih tingginya permintaan powerbank disebabkan banyak aplikasi dalam smartphone yang memakan cukup daya sehingga baterai menjadi boros. Faktor lainnya adalah harga powerbank yang kini makin terjangkau,” kata Rosita Su, GM PT Wook Global Technology.

Meski peta persaingan di pasar powerbank sangat ketat, powerbank buatan Vivan bisa dikatakan menjadi yang paling diminati konsumen. Ini dikarenakan strategi inovasi Vivan yang senantiasa menghadirkan produk-produk inovatif yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.

“Vivan terus berinovasi menghadirkan produk dengan jaminan kualitas terbaik mulai dari kapasitas paling rendah hingga besar. Kami juga mengembangkan produk kapasitas 10.000 mAh dan 20.000 mAh yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar,” jelas Rosita.

Tak hanya pengembangan kapasitas, Vivan juga menghadirkan powerbank Quick Charge 3.0 Qualcomm dan Power-Delivery yang saat ini menjadi teknologi bagi perangkat smartphone dengan port USB tipe C. Keduanya masih jarang ditemui pada produk powerbank lainnya.

Rosita mengemukakan, teknologi Quick Charge 3.0 memungkinkan proses charging lebih cepat dan hanya memerlukan waktu 30 menit untuk sampai terisi 80%. Kecepatan tersebut bersifat dua arah, baik itu saat pengisian daya powerbank maupun saat powerbank digunakan untuk me-recharge smartphone atau perangkat lainnya.

“Vivan merupakan merek pertama yang memperkenalkan powerbank bersolusi fast charging alias pengisian baterai gawai secara cepat di Indonesia. Tak berhenti di sini, ke depan kami akan mengembangkan Quick Charge 4.0,” sebut dia.

Tidak hanya berinovasi memenuhi kebutuhan konsumen, Vivan juga sangat concern dengan keamanan produk. Guna menyikapi aturan powerbank di pesawat, Vivan menghadirkan perangkat Flight Friendly Powerbank yang aman dibawa ke dalam kabin pesawat selama penerbangan.

Untuk mengurangi kekhawatiran pengguna, Vivan pun menggunakan material produk yang kokoh dan fitur keamanan IC Protection. IC yang ditanamkan pada baterai berfungsi menghindari terjadinya arus pendek dan mengatur besarnya arus saat proses charging.

Di samping powerbank, Vivan juga terus berinovasi ke lini produk lain seperti kabel, tongsis (selfie stick), speaker, earphone, car holder, smart balance wheel, memory card, dan action camera.

Selain menawarkan produk berkualitas, Vivan memberikan pelayanan prima kepada konsumen serta mitra bisnis melalui penyediaan layanan purnajual yang mudah diakses dan memberikan garansi resmi yang bisa mencapai 12 bulan, dengan penggantian baru jika barang rusak.

Sementara untuk meningkatkan aktivitas branding agar jauh lebih dikenal oleh masyarakat, Vivan terus memperbanyak jaringan pemasarannya dengan menggandeng mitra usaha di berbagai kota. “Kami memiliki 33 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk distribusi penjualan dan layanan purnajual,” terang Rosita.

Strategi memperkuat merek dilakukan hampir di seluruh saluran pemasaran, termasuk toko mitra dengan memberi dukungan berupa etalase pajangan, neon sign, neon box, dan media promosi lainnya, sehingga produk tertata rapi dan lebih memudahkan konsumen memilih barang yang dibutuhkan.

Konsisten dalam berinovasi, baik dari sisi produk, layanan, hingga strategi pemasaran membuat merek Vivan kian populer di tengah persaingan bisnis yang semakin sengit. Hal ini terbukti dengan penetrasi di pasar yang cukup baik, bahkan berhasil meraih penghargaan Top Brand Award secara berturut-turut sejak tahun 2015.

Menurut Rosita, selain mempermudah pemasaran, meraih Top Brand Award memberi nilai tambah untuk produk Vivan dibandingkan dengan produk kompetitor. Sekaligus memacu semangat manajemen untuk terus berinovasi memberikan kepuasan kepada pelanggan.

“Top Brand Award sangat penting mengingat sudah banyak merek asing yang merambah pasar Indonesia. Dengan logo Top Brand, tentunya kepercayaan konsumen meningkat terhadap merek  Vivan. Apalagi sebagian besar konsumen percaya logo Top Brand adalah jaminan kualitas dari sebuah produk,” jelasnya.

Selain Vivan, Wook Global Technology menaungi dua merek lain, yakni Robot dan Acome. Ketiga merek tersebut telah menguasai sekitar 40%─50% pangsa pasar powerbank di Indonesia, dengan rata-rata pertumbuhan setiap merek sebesar 10%─20% per tahun.

“Ketiganya memiliki segmen berbeda. Vivan menyasar segmen menengah-atas, sedang Robot menyasar segmen menengah-bawah. Acome sendiri diciptakan hanya untuk membidik pasar online,” ungkap Rosita.

Artikel ini pernah dimuat di Majalah MARKETING 

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top