Marketing co.id – Berita Financial | Menurut Study Visa menyebutkan, bahwa pembayaran contactless berhasil meraih momen di Indonesia. Ini ditandai dengan kenyamanan, kemudahan penggunaan, inovasi, higienis adalah alasan utama yang mendorong penggunaan pembayaran contactless. Bahkan 1 dari 3 orang konsumen di Indonesia menggunakan kartu contactless. Terlebih, sebanyak 70% menggunakan fitur contactless lebih sering sejak awal pandemi. Menariknya lagi, 3 dari 4 konsumen Indonesia tertarik menggunakan kartu contactless, yakni 80% Affluent, 78% Gen Y, dan 74% Gen Z.
Berlatar belakang itu, PT Visa Worldwide Indonesia (Visa) berkolaborasi dengan UOB Indonesia melalui program Shop to Strike. Ini merupakan cerminan upaya untuk terus menghadirkan rewards solutions yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi yang berbeda dari para nasabah. Grand prize tersebut berupa tiket pesawat terbang ke Qatar dan menonton Piala Dunia secara langsung di Qatar dalam ajang the FIFA World Cup 2022™ yang diselenggarakan di Qatar persembahan Visa.
Presiden Direktur Visa Riko Abdurrahman menyatakan, “Sebagai Official Payment Services Partner ajang FIFA pada tingkat global, kami senang dapat bermitra dengan UOB Indonesia dalam mendukung kebutuhan para pemangku kepentingan dan memberikan kesempatan menyaksikan semi final FIFA World Cup 2022™ secara langsung. Pemanfaatan kartu kredit dan kartu debit terus meluas di Tanah Air. Adapun upaya mendukung promosi mitra-mitra kami merupakan kunci dalam menumbuhkan inklusi finansial dan pada gilirannya menumbuhkan ekonomi digital.”
Seiring dengan pemulihan ekonomi pasca COVID-19, transaksi nasabah telah meningkat seiring dengan semakin maraknya pembayaran secara daring dan contactless, termasuk untuk pembelian barang dan jasa di tempat-tempat penjualan atau transaksi e-commerce. Berdasarkan data 2022 UOB ASEAN Consumer Sentiment Study, dalam hal memilih layanan pembayaran digital, keleluasaan dan kemudahan penggunaan merupakan hal yang terpenting bagi masyarakat Indonesia.
Kajian ini juga menegaskan bahwa 87 persen masyarakat Indonesia menggunakan e-wallet setidaknya sekali seminggu. Tren ini didorong oleh segmen masyarakat kelas atas. Tren yang sama juga tercermin data dari Bank Indonesia, pada paruh pertama 2022, di mana nilai transaksi e-commerce mencatatkan peningkatan yang signifikan sebesar 22,1 persen dan mencapai Rp227,8 triliun dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Menurut Bank Indonesia, volume transaksi meningkat sebesar 39,9 persen year-on-year hingga 1,74 juta transaksi dalam periode yang sama.
Dewi Tuegeh, Executive Director, Cards and Payment Head UOB Indonesia mengatakan, melalui program Shop to Strike, nasabah yang terdaftar memperoleh Goal Points untuk sejumlah transaksi kartu kredit dan debit UOB Visa dengan minimum pembelanjaan sebesar Rp100.000 antara 19 September dan 31 Oktober 2022. Transaksi yang diperhitungkan antara lain pemakaian di luar negeri, transaksi contactless, cicilan, dan pembayaran tagihan yang baru terdaftar di kartu UOB Visa. Semakin tinggi volume transaksi yang dilakukan, semakin tinggi Goal Points yang diperoleh.
“Kami menawarkan sejumlah manfaat kartu yang menarik kepada para nasabah sebagai cara untuk melibatkan mereka dan memberi reward. Adapun reward ini merupakan reward yang eksklusif karena dapat berkesempatan menyaksikan FIFA World Cup Qatar 2022™ secara langsung, yang merupakan acara berskala dunia yang terbesar,” ujar Dewi.
Ditambah, pandemi COVID-19 yang berkepanjangan telah mempercepat digitalisasi karena perbankan digital kian diminati oleh banyak konsumen, terutama di kalangan generasi yang cakap digital. Pada kuartal ketiga tahun 2022, transaksi daring kartu kredit UOB meningkat secara signifikan dibandingkan dengan sebelum pandemi pada tahun 2019. Sementara itu, transaksi mata uang asing telah meningkat seiring dengan dilonggarkannya pembatasan bepergian ke luar negeri.
“Untuk memberikan apresiasi kepada nasabah atas pemakaian kartu mereka selama bepergian, kami menawarkan poin terbaik untuk konversi mileage hingga 10X rewards points untuk pemegang kartu PRIVI Miles,” ucap Dewi.
Selain program Shop to Strike ini, 24 nasabah juga berkesempatan memenangkan hadiah cashback senilai Rp5 juta untuk transaksi yang dilakukan dari 1 November hingga 19 Desember 2022. Nasabah baru yang mengajukan dan mengaktifkan kartu kredit dan debit UOB Visa selama periode ini akan juga menikmati welcome reward points dan berkesempatan memenangkan cashback.
“Pandemi telah meningkatkan kesadaran konsumen akan pentingnya kesehatan dan keselamatan, serta pengalaman minim sentuhan saat beraktivitas di luar rumah. Tap to pay tidak hanya cepat, aman, nyaman, dan inovatif, tapi juga menjadi pondasi gaya hidup contactless yang semakin digemari dan akan terus ada, bahkan pascapandemi. Untuk itu, Visa terus menggencarkan kolaborasi bersama mitra perbankan dan merchant dalam memperluas awareness, penerimaan, dan penggunaan kartu contactless di Indonesia,” imbuh Riko.