Bagi sebuah perusahaan, menjaga konsistensi peningkatan layanan secara komperehensif – baik dalam produk maupun service kepada pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan. Inilah yang diyakini PT Link Net Tbk – penyedia TV cable dan broadband internet di Indonesia dengan brand First Media pun meluncurkan inovasi teranyar yakni First Squad. Ya, First Squad mewakili semua fungsi di dalam First Media mulai dari customer service, teknisi, sales, strategis, dan manajemen.
Marlo Budiman, Chief Executive Officer PT Link Net Tbk mengatakan, “First Media berkeinginan untuk membawa kembali kebersamaan keluarga dengan mengusung kampanye #FamilyFirst, mengembalikan fungsi rumah menjadi tempat berkumpul yang hangat bagi keluarga dengan cara meningkatkan kualitas koneksi (improving connection) di dalam keluarga. Karena itu, kami menghadirkan First Squad sebagai bentuk nyata komitmen kami untuk terus melakukan peningkatan kualitas layanan kepada seluruh pelanggan.”
Beberapa improvement yang telah dan akan dilakukan oleh First Media, diantaranya melalui peningkatan dan ekspansi jaringan ke kota-kota dimana layanan First Media sudah dapat dinikmati di 2,076,000 homes passed (Jabodetabek, Surabaya dan Malang, Bandung, Medan dan Batam, serta Bali).
Kemudian dari sisi customer service, untuk semakin memudahkan pelanggan, kanal komunikasi digital terus dikembangkan; diantaranya pengecekan status billing dan payment, serta status jaringan First Media melalui website, aplikasi selfcare My FirstMedia, dan yang terbaru FIA Virtual Assistant (chat via WhatsApp). Dengan ketersediaan berbagai kanal komunikasi digital tersebut, saat ini sebanyak 43% interaksi pelanggan adalah melalui platform digital dan hal ini membantu First Media customer service mencapai 84% service level.
Dari sisi produk, untuk semakin memperkaya pengalaman pelanggan dalam menikmati hiburan bermutu dan koneksi internet berkecepatan tinggi, First Media akan meluncurkan produk-produk terbaru. Kedua, untuk produk Smart Living setelah meluncurkan fitur Home Monitoring di tahun 2016, dalam waktu dekat First Media akan menghadirkan fitur terbarunya, yaitu Home Automation; yang memudahkan pelanggan mengontrol perangkat di dalam rumah (AC, lampu, dan alat elektronik lainnya) kapanpun dan dimanapun (control your home instantly anytime, anywhere).
Selanjutnya, produk ketiga yang diluncurkan adalah Wi-Fi X-Tender dengan fitur Plug & Play yang menggunakan jaringan listrik di rumah untuk memperluas koneksi internet ke seluruh sudut rumah, sehingga dapat melengkapi jaringan Wi-Fi yang sudah ada di rumah pelanggan. Untuk para pencinta game, First Media juga menghadirkan paket khusus berupa Game Package, guna memberikan kepuasan lebih bermain game favorit.
Dari sisi konten, First Media bekerjasama dengan penyedia Over The Top (OTT) terbaik di dunia seperti, HOOQ, Catchplay dan HBO GO dimana pelanggan tidak hanya dapat menikmati tayangan-tayangan bermutu di rumah tetapi bisa dinikmati kapan dan dimana pun. Semua peningkatan dalam produk dan service First Media ini diwujudkan melalui komitmen yang kuat dari semua jajaran First Media, yaitu melalui First Squad.
“Kami yakin bahwa untuk menghadapi perubahan besar yang terjadi dalam industri dan juga masyarakat, perlu sebuah upaya yang komprehensif dan peningkatan secara konsisten agar First Media dapat mendorong Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik yang dimulai dari koneksi keluarga yang lebih baik #FamilyFirst,” pungkas Marlo.