Upaya Super Indo Jaga Kebutuhan Pokok Pelanggan Saat Pandemi

Marketing.co.id – Pandemi COVID-19 masih terus berdampak pada keluarga dan komunitas di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Menyikapi kondisi tersebut, Super Indo pun telah melakukan berbagai upaya dalam seluruh kegiatan operasional sesuai dengan anjuran Pemerintah RI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Upaya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Super Indo kepada masyarakat untuk tetap bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pokok serta barang penting lainnya.

Johan Boeijenga, Chief Executive Officer menjelaskan, Super Indo percaya bahwa yang terpenting adalah tetap fokus pada hal-hal positif dan pada perubahan yang memberikan manfaat. Dimana, menempatkan keselamatan dan kesehatan karyawan serta pelanggan sebagai fokus dan prioritas utama di masa pandemi COVID-19. “Super Indo berupaya mengatasi krisis ini dengan menerapkan strategi dan inisiatif yang menguntungkan masyarakat dengan membantu karyawan dan pelanggannya, serta memastikan dampak positif ekonomi secara umum.”

Super Indo
Komitmen Super Indo kepada masyarakat untuk tetap bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pokok serta barang penting lainnya.

Sebagai salah satu industri yang harus tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan masyarakat, ditambahkan D. Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability, Super Indo berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan dan pelanggan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah di tingkat Kota dan Provinsi untuk mencegah penyebaran.

Tindakan preventif yang dilakukan Super Indo guna mencegah penyebaran COVID-19 di kantor pusat, gerai dan distribution center yaitu penyedian materi komunikasi dan edukasi secara lengkap serta penerapan protokol kesehatan dan keamanan bagi karyawan dan pelanggan antara lain melakukan pengecekan suhu tubuh, pembagian masker dan vitamin kepada karyawan setiap hari.

Untuk pencegahan di gerai, Super Indo melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penggunaan masker juga face shield di seluruh area kerja, membuat kebijakan untuk membatasi pengunjung yang berbelanja di dalam gerai, pemasangan layar pelindung di area kasir, pemasangan stiker jaga jarak aman di dalam gerai, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitzer dan tissue basah yang dapat digunakan pelanggan dan masih banyak lagi.

Khusus bagi karyawan yang bekerja di kantor pusat ataupun kantor cabang, Super Indo menerapkan konsep Bekerja Dari Rumah. Karyawan yang mendaftar untuk Bekerja Dari Rumah akan mengikuti prosedur khusus yang telah ditetapkan, termasuk di antaranya melakukan virtual meeting rutin dengan atasan ataupun tim kerja.

Sebagai bentuk kepedulian, Super Indo juga menjalankan kegiatan Corporate Responsibility guna membantu Pemerintah, tenaga medis dan masyarakat yang terdampak secara kesehatan dan ekonomi melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama, Super Indo telah memberikan bantuan kemanusiaan berupa sarung tangan medis serta susu siap minum untuk tenaga medis melalui Gugus Tugas Provinsi DKI Jakarta dan Rumah Sakit Persahabatan.

“Tahap selanjutnya, pada 20 Mei 2020 Super Indo akan memberikan ambulance khusus infeksi yang dapat digunakan untuk penanganan pasien COVID-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Agar donasi kemanusiaan dapat memberikan manfaat yang lebih luas, Super Indo juga bekerja sama dengan BenihBaik.com dalam distribusi bantuan ke tujuh wilayah yang terdampak cukup tinggi antara lain Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Kota Semarang, Provinsi Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Palembang, dan Provinsi Lampung,” kata Yuvlinda.

Selain itu, Super Indo memberikan bantuan kemanusiaan yang didistribusikan melalui Pemerintah setempat, atau Gugus Tugas daerah. Agar dapat terdistribusi lebih cepat, Super Indo menggandeng BenihBaik.com yang dimotori oleh Andy F Noya. Dimana, bantuan diutamakan bagi tenaga medis yang merupakan garda terdepan dan masyarakat yang terdampak parah.

Super Indo juga mengajak pelanggan untuk dapat berdonasi melalui program “Sama-sama Berbagi Berkah” yang nantinya akan disumbangkan melalui yayasan dan panti di sekitar Gerai Super Indo. Selanjutnya, guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Super Indo telah meluncurkan layanan online tambahan yaitu pemesanan daging dan pengiriman hampers Lebaran yang dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp.

“Melalui aplikasi WhatsApp, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pelanggan ketika ingin membeli daging, yang biasanya untuk memenuhi kebutuhan saat Hari Raya Idul Fitri. Melalui layanan ini, kini pelanggan tidak perlu mengantre di gerai Super Indo dan tetap bisa menjaga jarak dan di rumah saja. Sedangkan untuk pengiriman hampers pun juga sama, ini memberikan kenyamanan sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin memberikan hantaran ke keluarga maupun kerabat,” papar dia.

Ketika disinggung mengenai strategi Super Indo menjajaki kanal digital, Johan menambahkan, sejauh ini masih dalam tahap pengembangan untuk masuk ke e-commerce. Sebagai tahap awal, Super Indo menyediakan layanan pre-order pembelian daging dan pengiriman hampers Lebaran melalui aplikasi WhatsApp. “Kami pun masih berupaya untuk membuka beberapa gerai pada tahun ini, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Kami masih melihat dan memantau kondisi saat ini untuk melakukan itu,” ujar Johan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.