Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Upaya Resso Dorong Para Musisi dalam Bermusik

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Berdasarkan data Koalisi Seni, mencatat bahwa setidaknya terdapat lebih dari 69 acara musik yang dibatalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2020 karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran virus COVID-19, dan angka ini terlihat masih terus akan bertambah. Di sisi lain, data We Are Social Digital Report 2020 menunjukkan bahwa sepanjang tahun tren mendengarkan layanan streaming musik meningkat sebesar 39%.

Resso

Christo Putra, Head of Music and Content Resso Indonesia mengatakan bahwa “Pandemi Covid-19 benar-benar mendorong para musisi untuk mencari alternatif dalam bermusik. Resso, terus melakukan banyak inisiatif dalam menyediakan platform untuk mendukung dan memberdayakan musisi di Indonesia agar tetap kreatif dan terhubung dengan penggemarnya.”

Untuk itu, Resso – aplikasi streaming musik sosial pertama di dunia, membagikan beberapa tips dari dan untuk para musisi di Indonesia yang ingin terus berkembang selama masa pandemi ini.

Bangun kehadiran yang kuat dalam media sosial
Menurut We Are Social 2020, 47% orang menghabiskan waktu lebih lama di media sosial mereka selama pandemi. Dengan demikian, inilah saatnya untuk mengeluarkan upaya lebih dari biasanya dalam membuat diri kamu bersinar.

Semakin dekatkan diri dengan penggemar melalui nyanyian langsung pada Instagram Live, obrolan santai di Twitter, atau bagikan kisah menarik dibalik karya-karya secara langsung melalui aplikasi streaming musik, seperti Resso.

Melalui fitur komentar dalam aplikasi Resso, pun bisa ikut terlibat dalam diskusi bersama penggemar selama mendengarkan dan menikmati karya-karya.

Selesaikan EP yang terbengkalai dan luncurkan secara online
Ada berapa coretan kata dan melodi tak terselesaikan yang ditinggalkan dengan alasan tidak punya waktu atau inspirasi? Mungkin, inilah saat yang tepat untuk kembali menyelesaikan apa yang telah dimulai. Ambil gitar, cari nada yang tepat, selesaikan. Luncurkan lagu secara online melalui berbagai aplikasi streaming musik, dan lihat hasilnya.

Misal, Rendy Pandugo – penyanyi pria dari Indonesia menyatakan bahwa Resso membantunya dalam terus bermusik selama pandemi. Saat ini, banyak waktu luang untuk mengeksplor sesuatu yang baru dan mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Ressound Jamming: Cara Unik Resso Hadirkan Kolaborasi Antar Musisi

Acara musik dibatalkan? Jadikan virtual!
Larangan untuk berkerumun dalam skala besar menjadikan musisi harus mulai bertranformasi secara digital. Resso, membantu mewujudkan hal tersebut melalui program terbaru mereka yang bernama Resso Meet Up. Sebuah pertunjukan musik virtual yang diisi dengan sesi meet and greet bersama lima musisi dari lima genre berbeda setiap minggunya.

Melalui program ini, Resso ingin kembali memberikan pengalaman ‘manggung’ bagi musisi, meskipun lewat cara yang berbeda dan menghubungkan kembali para musisi dengan para penggemarnya.

Dipha Barus, seorang musisi/DJ asal Indonesia mengatakan, “Salah satu hal yang paling saya rindukan dari kehidupan sebelum pandemi adalah kerumunan penonton. Saat dimana saya bisa bersenang-senang secara langsung dengan mereka, saling menyalurkan energi. Saya rasa, pandemi benar-benar memaksa untuk berpikir lebih kreatif. Mendorong saya untuk siap bekerja lebih ekstra dan memberikan yang terbaik untuk orang- orang yang selalu mendukung saya.”

Mulailah kolaborasi yang tidak terduga
Mulailah menulis lagu bersama dengan musisi yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Lakukan duet dengan yang bersebrangan genre. Cobalah dan ciptakan sesuatu yang baru.

Berpegang teguh pada komitmennya untuk mendukung musisi lokal dan menjaga industri musik Indonesia tetap hidup selama pandemi, Resso meluncurkan Ressound: Jamming Session, sebuah program di mana musisi baru diundang untuk berkolaborasi dengan musisi lain yang lebih senior.

Resso percaya untuk dapat lebih memahami dan mengatasi rintangan yang ada, penting bagi setiap pihak dalam industri musik ini untuk saling berdialog dan membangun kolaborasi.

Menariknya, baru-baru ini Resso meluncurkan kampanye AKU + MUSIK, rangkaian kegiatan untuk mengekspresikan dan menghubungkan semua orang melalui musik – yang dapat didownload di Apple App Store dan Google Play Store.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top