Tokoh Bicara

Upaya Nursida Manfaatkan Teknologi Dari Desa Ke Desa

Marketing – Hari Perempuan Internasional yang diperingati oleh masyarakat dunia pada 8 Maret, kerap diidentikkan dalam menyuarakan keadilan berbasis gender. Selain itu, selebrasi ini juga ditujukan untuk merayakan kebebasan berkarya perempuan di segala penjuru.

Salah satunya adalah sosok Nursida Yaru. Perempuan muda Indonesia ini memilih berkarya bagi negeri lewat perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia. Menariknya, dia fokus mengembangkan potensi desa dengan bergabung sebagai Senior Business Operations di tim Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia sejak 2018.

“Di daerah saya, setelah lulus SMA biasanya dihadapkan dengan pilihan menikah atau kuliah. Semangat mendorong potensi desa yang memantapkan saya melanjutkan pendidikan dan mempertemukan saya dengan Tokopedia. Saya dan Tokopedia punya kesamaan fokus untuk desa,” ungkap Nursida.

Perempuan asal Ternate ini sebelumnya merupakan pengajar di salah satu organisasi non-profit yang bergerak di bidang pendidikan untuk berbagai daerah di Indonesia. Lahir, besar dan berkarya di daerah membuat Nursida merasakan potensi luar biasa dari desa-desa di Indonesia.

Sebagai bagian dari tim RGX Tokopedia, Nursida bertanggung jawab memperkenalkan Tokopedia Center kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja online-to-offline atau sebaliknya, sekaligus berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha melalui teknologi.

Sejak diluncurkan pada September 2018, Tokopedia Center kini sudah berjumlah ratusan dan telah hadir di lebih dari 40 kota/kabupaten lewat desa, kampus maupun mal yang tersebar di Indonesia. Nursida dan timnya dipercaya membantu masyarakat di wilayah pedesaan.

Dia pun mengungkapkan, bahwa dirinya sangat senang berdiskusi dengan warga desa untuk mendengar aspirasi mereka terkait pengembangan dan peningkatan daya saing usaha, juga tentang pemanfaatan aplikasi Tokopedia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kehadiran Nursida dan tim RGX adalah untuk membantu mereka menggali potensi desa lewat pemanfaatan teknologi.

Tak hanya itu, Nursida pun harus cepat beradaptasi dengan lingkungan berbagai desa agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat setempat secara efektif dan optimal. Proses transformasi masyarakat desa pun memakan waktu yang relatif panjang, mulai dari tahap perkenalan teknologi kepada penduduk desa hingga bersinergi dengan pemerintah setempat dan berbagai pihak lainnya.

Menurut Nursida, Indonesia memiliki potensi desa yang sangat besar dan butuh peran dari berbagai pihak untuk mengembangkannya. Untuk itu, Nursida berharap apa yang dilakukan bersama tim RGX Tokopedia dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Ia juga berharap dapat merangkul lebih banyak desa di berbagai pelosok negeri bersama Tokopedia sehingga misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dapat terwujud.

“Kolaborasi dengan para mitra strategis, dalam hal ini pemerintah daerah, menjadi kunci bagi Tokopedia untuk bersama-sama mengakselerasi perekonomian desa di era digital,” papar Nursida.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top