Sukses di Jalur Berbeda

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Selalu ada ruang di tengah pasar yang jenuh sekalipun, termasuk di industri jamu yang saat ini didominasi pemain-pemain besar.

Anton, Managing Director PT Unimax Power
Anton, Managing Director PT Unimax Power / Cecep Supriadi

Unimax Power merupakan perusahaan asal Jakarta yang bergerak di bidang distribusi dan sangat terkenal luas dengan produknya, Bioctiva dan BIO7.

Bioctiva dan BIO7 sampai saat ini spesial di tetes. Tak mengherankan jika di berbagai daerah produk keluaran Unimax Power ini dikenal sebagai jamu tetes walau sebenarnya lebih tepat di sebut jamu herbal fermentasi.

Anton Managing Director PT Unimax Power menjelaskan, lahirnya Unimax Power berawal dari keprihatinan melihat kondisi kesehatan masyarakat, dimana jalur medis belum sepenuhnya menjangkau mereka. Oleh sebab itu, perlu ada solusi pendamping agar masyarakat bisa mendapatkan pengobatan yang efektif namun dengan cara yang natural dan tanpa efek samping.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan keanekaragaman hayati nomor 2 terbesar di dunia. Dari beberapa ribu jenis yang ada, 3,500 di antaranya memiliki khasiat untuk dijadikan obat. Harusnya potensi ini menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan masyarakat Indonesia.

“Kita harus menyadarkan masyarakat bahwa konsep hidup sehat adalah konsep yang bersamaan dengan alam – mengonsumsi bahan-bahan dari alam. Itulah yang  menjadi dasar kami melahirkan perusahaan ini,” terang Anton.

bio7Anton mengakui tak mudah memang menjalankan bisnis yang dipimpinnya. Selain memang sudah dikuasai beberapa pemain besar, produk yang ditawarkannya pun sangat berbeda dari kebanyakan jamu yang beredar di pasaran.

 “Ini adalah segmen baru, terkadang orang baru sadar jika ada jamu seperti yang kita tawarkan ini. Jadi, kita harus pintar-pintar menjelaskan,” terang Anton.

Anton sadar, sebagus apapun produk yang dibuat tidak akan ada artinya jika orang-orang tak tahu. Oleh karena itu, ragam cara dilakukan untuk mengenalkan Bioactiva dan Bio7. Aktifitas branding pun gencar dilakukan, mulai dari radio, acara pengobatan dan pemeriksaan kesehatan, brosur, word-of-mouth, hingga acara pengajian.

“Kami meningkatkan awareness lewat kegiatan-kegiatan sosial,” terang Anton katanya ketika ditemui Marketingcoid beberapa waktu lalu.

Bukan hanya itu, untuk semakin meningkatkan awareness sekaligus penjualan,  jalur distribusi lewat agen, reseller, outlet, apotik, dan toko obat pun di pilih. Langkah ini ternyata sangat tepat, orang-orang mulai mengetahui apa itu Bioactiva dan Bio7. Seiring meningkatnya awareness penjualan pun ikut terkerek. Setiap tahunnya Anton mengklaim perusahaan yang dibangun sejak 8 tahun lalu tersebut selalu tumbuh di atas 20%.

Sampai saat ini Unimax Power memiliki lebih dari 300 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Sekalipun online sekarang ini sudah menjadi trademark, Anton belum begitu serius memanfaatkannya.

“Produk kami adalah produk yang dikonsumsi setiap hari dan harus diketahui  terlebih dahulu. Ini bukan produk asal coba-coba, mereka harus yakin dan jelas, apalagi ini produk yang berkaitan dengan obat atau jamu. Harus diedukasi dulu,” tegas Anton.

Ke depan Anton mengatakan Unimax Power akan mengembangkan produk-produk herbal unggulan lainnya sebagai pendamping dari seri-seri yang sudah ada.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here