Unilever Ventures Pimpin Pendanaan Seri A untuk Brand Vegan Kosmetik ESQA

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Lifestyle | ESQA, merek kecantikan indie Indonesia telah mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$6 juta yang dipimpin oleh Unilever Ventures, cabang modal ventura dari Unilever, perusahaan raksasa konsumen. East Ventures juga berpartisipasi dalam pendanaan ini.

ESQA, merek kosmetik Vegan pertama di Indonesia, dikenal sebagai merek lokal yang bertekad keras dalam menyediakan produk berkualitas tinggi, dikemas secara glamor dengan harga terjangkau. ESQA memiliki portofolio produk makeup yang memenangkan banyak penghargaan dan baru saja merambah kategori perawatan kulit. Merek tersebut telah meluncurkan banyak produk inisiasi di Indonesia dengan total 120 sku. Semua produk mereka adalah Bersertifikat Vegan dan Halal.

ESQA didirikan oleh Cindy Angelina (Chief Executive Officer ESQA) & Kezia Trihatmanto (Chief Product Officer ESQA), co-founders. Ketiganya bertekad untuk mendefinisikan kembali luxury beauty dengan membuatnya praktis dan affordable. Dengan pertumbuhan kelas menengah, ESQA berada di posisi terbaik untuk memanfaatkan pasar Masstige ini, melalui produk inklusifnya yang diciptakan untuk menyederhanakan rutinitas kecantikan wanita modern.

Baca juga: Memahami Konsep Berkelanjutan dalam Produk Skincare

“Inovasi adalah yang terdepan dalam merek kami. Pendekatan kami adalah untuk berpikir secara global dan bertindak secara regional, oleh karena itu ESQA tangkas dalam melihat tren internasional tetapi melayani kebutuhan kulit Asia dan lokal sesuai dengan fokus kami yang berpusat pada pelanggan, menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan,” kata Kezia Trihatmanto, Co-founder dan CPO di ESQA.

Indonesia adalah pasar kecantikan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Indonesia diprediksi akan tumbuh menjadi 9,8 miliar pada tahun 2025, sementara Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi 32,9 miliar pada tahun 2025 menurut iSTRATA.

Terlepas dari pandemi, ESQA telah mencatat profitabilitas dan pertumbuhan yang signifikan. Menyusul kesuksesan tersebut, investasi yang diterima ESQA ini sekaligus menandai investasi kecantikan pertama yang dilakukan oleh Unilever Ventures di Asia Tenggara.

“Dengan memiliki profitabilitas yang konsisten, awalnya kami tidak mencari penggalangan dana, tetapi kami menyadari bahwa diperlukan keahlian strategis seiring pertumbuhan bisnis. Dengan keahlian Unilever Ventures dalam bermitra dengan para pendiri visioner dalam membangun merek konsumen ikonik di seluruh dunia dan ekosistem kuat East Ventures di Indonesia, hal ini akan memberdayakan ESQA untuk memulai tahap pertumbuhan berikutnya. Kami sangat senang dapat bermitra dengan kedua investor marquee tersebut,” kata Cindy Angelina, Co-founder dan Chief Executive Officer ESQA.

kosmetik Vegan
ESQA – Co-Founders

“Kami senang dapat mendukung Cindy & Kezia saat mereka membangun ESQA menjadi salah satu merek kecantikan indie paling menarik di Asia Tenggara. Kemampuan ESQA untuk menginovasi lini produk kecantikan yang menarik dengan melihat tren internasional sambil menyesuaikan dengan kebutuhan lokal telah berperan penting bagi kesuksesan awal mereka. Kami sangat senang memiliki ESQA sebagai bagian dari portofolio Unilever Ventures,” kata Pawan Chaturvedi, Partner di Unilever Ventures.

“Terdapat permintaan yang meningkat untuk produk kecantikan yang berkualitas tinggi dengan pendekatan hyperlocal dan harga terjangkau, di mana kami yakin bahwa inovasi dan bahan alami dari ESQA, serta penawaran produk yang beragam akan mendorong ESQA menjadi pemimpin di pasar kecantikan di Asia Tenggara. Kami sangat gembira merasakan pertumbuhan ESQA yang dibawa oleh Cindy, Kezia, dan tim ESQA,” kata Avina Sugiarto, Partner East Ventures.

Baca juga: Yuk, Intip Strategi Kunci DAN+DAN Bersaing di Industri Kecantikan

ESQA didistribusikan melalui platform omnichannel dan tersedia secara luas di pasar, e-commerce, dan situs web. ESQA telah memperluas bisnisnya ke pasar Asia Tenggara, termasuk Vietnam, Singapura, dan Malaysia. Merek ini juga dijual di peritel luring terkemuka seperti Sociolla, Sephora, Watsons, dan toko kosmetik lokal di 47 kota di seluruh Indonesia. ESQA telah berekspansi ke Vietnam melalui toko Sociolla di Ho Chi Minh, Da Nang, dan Hanoi.

Dengan tambahan modal tersebut, startup kecantikan ini berencana memperluas distribusi omnichannel dan menjangkau kota-kota baru serta berekspansi ke luar negeri, mengembangkan penawaran produk inovatif, membangun bakat, dan memperkuat strategi pemasaran mereka.