Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

UMKM Harus Terlibat Aktif dalam Pembangunan Ekonomi Digital

strategi digital marketingMarketing.co.id – Pemerintah berharap Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bisa terlibat aktif dalam pembangunan ekonomi digital. Dirjen Aplikasi Informatikan Kementerian Komunikasi dan Informatikan Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pemerintah terus berupaya memperkenalkan teknologi digital kepada UMKM.

Harapannya, kata Semuel, UMKM bisa on boarding ke ekonomi digital. Nantinya, UMKM tidak hanya menjual produknya secara offline tetapi juga online. Namun, sebelum on boarding maka harus ada beberapa langkah yang harus disiapkan.

“UMKM juga harus bisa memikirkan bagaimana marketing digital. Ini harus dipikirkan dan juga bagaimana bisa mempertahankan kualitas UMKM ketika sudah masuk ke digital. Selain itu, tentu juga harus diperhatikan ketepatan waktu pengiriman dan juga konsistensi,” kata Semuel dalam diskusi Katadata Virtual Series Hari UMKM Internasional dengan tema Kisah Sukses UMKM: Menjawab Masalah di Masa Pandemi dengan Solusi Kreatif, Sabtu (27/6/2020).

Semuel menambahkan, UMKM yang sudah masuk ke ranah digital juga harus bisa bersaing dan fokus pada perbaikan produk. Ke depan, pemerintah berharap UMKM bisa naik kelas menjadi sebuah industri yang berkembang tidak hanya dari ukuran tetapi juga inovasi dari produk yang dihasilkan.

Semuel menjelaskan, Indonesia tengah berupaya menjadi negara digital. Namun, sebelum mencapai hal tersebut ada sejumlah Langkah yang harus dilakukan. Antara lain mempersiapkan infrastruktur seperti fiber optik dan satelit yang merupakan infrastruktur dasar.

Selain itu, harus ada regulasi agar manfaat transformasi digital bisa lebih dirasakan. Karena, tanpa regulasi maka transformasi digital menjadi tidak produktif. Hal lain yang tidak kalah penting adalah ekosistem digital. Menurut Semuel, dalam empat tahun ke depan, pemerintah menargetkan 50 juta orang melek digital.

“Tahun depan, kita akan mulai dengan 12,5 juta orang yang teredukasi ruang digital. Karena di dunia digital, untuk buat konten harus punya keahlian. Itulah kenapa literasi digital harusa dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat,” jelas Semuel.

Tahapan berikutnya agar tercipta ekosistem digital adalah expert atau orang yang ahli di bidang digital. Kata Semuel, Indonesia perlu orang yang ahli agar gerak transformasi digital bisa dilakukan sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top