Portal Lengkap Dunia Marketing

XX N

UKM Makanan Makin Andalkan Same Day Delivery, Paxel Tumbuh Pesat di 2019

marketing – Pertumbuhan bisnis Paxel, startup logistik pelopor same day delivery, meningkat pesat di 2019 lalu. Pesatnya pertumbuhan bisnis Paxel sejalan dengan kebutuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia yang semakin mengandalkan same day delivery untuk mengirimkan produk kepada pembeli.

paxel

kiri-kanan: Bryant Christanto (CEO Paxel), Djohari Zein (Executive Advisor Paxel), Zaldy Ilham Masita (COO Paxel)

Sepanjang 2019, jumlah pengiriman same day delivery telah mencapai 1,5 juta, tumbuh 650% dibanding akhir 2018 yang baru mencapai 200 ribu pengiriman. Aplikasi Paxel juga sudah digunakan oleh lebih dari 600 ribu user sejak pertama kali berdiri dua tahun lalu.

Dari total pengiriman same day delivery Paxel, lebih dari 50%-nya untuk mengantarkan makanan, baik beku maupun siap saji.

Pesatnya laju pengiriman same day delivery membuat jumlah happines hero (kurir) Paxel bertambah menjadi 1.400 orang, meningkat 55% sejak tahun lalu. Adapun jumlah loker pintar yang menjadi hub pengiriman Paxel mencapai 263 unit yang tersebar di 12 kota di area Jawa – Bali.

“Pertumbuhan Paxel kurang lebih menggambarkan perkembangan UKM Indonesia, terutama UKM makanan yang kini makin banyak mengandalkan same day delivery. Semakin banyak UKM makanan yang mengirimkan makanan ke luar kota dan melakukan ekspansi bisnis dengan memanfaatkan jaringan Paxel,” ujar Zaldy Ilham Masita selaku COO Paxel.

Perjalanan Makanan Khas Indonesia di Penghujung 2019

Semakin banyaknya UKM makanan yang mengandalkan Paxel juga terlihat pada akhir 2019 lalu, yaitu pada 25 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Pada periode ini, saat sebagian besar masyarakat bepergian merayakan Natal dan Tahun Baru 2020, pengiriman makanan khas UKM Indonesia melalui Paxel mengalami lonjakan.

Data Paxel Food Journey 2019 yang memotret sepuluh jenis makanan khas nusantara memperlihatkan bahwa terdapat 2.286 pembeli yang mengirimkan 3.642 makanan lewat same day delivery. Data tersebut dikumpulkan pada periode 25 Desember 2019 – 2 Januari 2020.

Dalam rentang waktu 7 hari, jenis makanan yang paling sering bepergian pada akhir tahun dengan menggunakan Paxel adalah sebagai berikut:
Cilok Cepot Bandung (24%)
Pisang Goreng Bu Nanik (10%)
Batagor Kingsley Bandung (8,5%)
Bebek Sinjay Surabaya (8,1%)
Brownies Amanda Bandung (8%)
Bandeng Juwana Semarang (5%)
Roti Unyil Bogor (4,2%)
Bakso President Malang (3%)
Lumpia Gang Lombok Semarang (2,6%)
Bakpia Kukus Tugu Jogja (1%)

Bandung menjadi kota dengan asal pengiriman makanan terbanyak, yaitu mencapai 45% dari total pengiriman, disusul oleh Bogor 12% dan Jakarta 11%. Sedangkan ditinjau dari lokasi pembeli, paling banyak juga berasal dari Bandung dengan jumlah 19% dari total pemesan, disusul Bekasi 18,4% dan Bogor 13%.

“Data ini menunjukkan bahwa logistik yang bisa menjangkau banyak daerah dalam hari yang sama, bisa menambah penjualan UKM makanan kita di hari libur seperti natal dan tahun baru 2019 lalu,” tambah CEO Paxel Bryant Christanto.

Dari tiga jenis makanan yang paling sering dipesan, ternyata Cilok Cepot Bandung paling sering bepergian ke Bandung, Bekasi dan Bogor. Sedangkan Pisang Goreng Bu Nanik Jakarta, paling sering bepergian ke Bekasi, Bandung dan Tangerang. Terakhir, Bebek Sinjay Surabaya paling banyak terbang ke Bekasi, Bantul dan Tangerang Selatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top