Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tutup Tahun 2020, YABB Salurkan Rp116 Miliar untuk Bantu Masyarakat

Marketing.co.id – Berita Marketing | Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba yang merupakan perpanjangan tangan Gojek untuk memperluas dampak sosial, pada 2020 menyalurkan bantuan senilai total Rp116 miliar.

Bantuan tersebut meliputi paket sembako dan kupon makan bagi mitra dan keluarganya, paket makanan bagi tenaga kesehatan, paket sembako bagi para pekerja informal hingga program #BersamaBISA di bidang pendidikan dan #BersamaMAJU di bidang kewirausahaan.

Baca Juga: Menggunakan Media Sosial untuk Kegiatan CSR

Di Indonesia, selama Maret hingga Desember 2020, YABB mendistribusikan 693.000 paket sembako kepada para mitra di ekosistem Gojek serta para pekerja informal, dan memberikan 2,9 juta kupon makan kepada mitra driver serta 230.000 paket makanan bagi para tenaga kesehatan. Baik program kupon makan maupun paket makanan di atas melibatkan lebih dari 1.500 mitra UMKM. Hal ini dilakukan untuk turut menjaga keberlangsungan pendapatan ribuan UMKM kuliner yang terdampak  pandemi COVID-19.

Selain itu, YABB telah membantu lebih dari 26 ribu mitra Gojek di Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui pendistribusian kupon sembako, paket makan serta kupon bahan bakar. YABB juga turut melakukan penggalangan dana publik melalui gerakan #SumbangSuara, suatu konser virtual hasil kolaborasi dengan grup musik Slank, yang  berhasil mengumpulkan Rp11,6 miliar untuk diberikan kepada para pekerja informal.

Baca Juga: 3 Tren Utama dalam Transformasi Digital

Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa Monica Oudang menjelaskan, “Pembatasan mobilitas masyarakat untuk menahan laju penyebaran COVID-19 otomatis berdampak pada pendapatan pelaku usaha mikro, mitra driver, para pekerja harian dan banyak lainnya. Hal ini yang mendorong kami untuk mendirikan YABB dan mendukung mereka agar tetap optimis dan dapat bertahan di tengah situasi yang sulit.”

Dengan dipersiapkan dalam waktu 3 minggu, YABB berdiri resmi pada 20 Maret 2020 dengan tujuan , mengumpulkan donasi serta menyalurkan dana melalui berbagai program nyata. “Seluruh karyawan Gojek, mitra bisnis, serta masyarakat luas memiliki andil yang besar sehingga kami dapat dengan sigap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak,” Monica melanjutkan.

Baca Juga: Blibli Dukung Pengadaan Barang Donasi dari Donatur Aplikasi Jangkau

Selain program tanggap pandemi COVID-19, YABB juga terus mendukung ketahanan sektor-sektor lain, seperti pendidikan dan kewirausahaan, untuk beradaptasi masuk ke platform digital (go digital) melalui dua program, yakni #BersamaBISA dan #BersamaMAJU.

Untuk terus menghadirkan dampak sosial yang nyata, YABB akan memperkuat komitmen dalam membangun komunitas yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi dan semangat gotong royong dengan dua fokus utama: pengembangan talenta (talent incubator) dan penciptaan solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (solution incubator).

“Kedepannya, YABB akan memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk membekali sumber daya manusia dengan keterampilan dan keahlian yang relevan di masa depan serta menciptakan lapangan pekerjaan hingga pada akhirnya, turut memberikan kontribusi terhadap perekonomian bangsa. Kami percaya hal ini akan semakin memperluas dampak positif dan manfaat dalam mewujudkan komunitas yang berkelanjutan,” tutup Monica.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top