Tujuan dan Manfaat Customer Relationship Management Bagi Para Pelaku Usaha

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Dengan sistem manfaat Customer Relationship Management perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memperoleh keuntungan yang lebih besar melalui up-selling dan cross-selling, serta membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.Dengan sistem Customer Relationship Management perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memperoleh keuntungan yang lebih besar, serta membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

Marketing.co.id – Berita Marketing | CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda.

Hal ini dikarenakan strategi bisnis tersebut mampu mendekatkan komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, sehingga transaksi akan terasa lebih hangat.

Dalam implementasinya, CRM melibatkan berbagai macam teknologi dan proses bisnis seperti pengumpulan data pelanggan, analisis data, manajemen penjualan, manajemen layanan pelanggan, serta komunikasi dan interaksi dengan pelanggan melalui berbagai channel seperti email, telepon, atau media sosial.

Dengan menggunakan sistem CRM, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memperoleh keuntungan yang lebih besar melalui up-selling dan cross-selling, dan membangun loyalitas pelanggan jangka panjang.

Dalam memasuki era digital saat ini, penggunaan teknologi untuk CRM menjadi semakin penting dan memainkan peran yang krusial dalam memastikan keberhasilan strategi bisnis perusahaan.

Tujuan Customer Relationship Management

Dengan dilakukannya customer relationship management adalah untuk mendekatkan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Selain itu, sejumlah tujuan yang bisa dicapai oleh perusahaan dengan menerapkan strategi CRM adalah sebagai berikut:

  • Memaksimalkan hubungan dengan pelanggan untuk membantu meningkatkan penjualan perusahaan, baik secara up-selling maupun cross selling.
  • Menyajikan informasi lengkap mengenai pelanggan untuk mengoptimalkan interaksi dan jalinan hubungannya dengan perusahaan. Hal ini mampu membantu mempertahankan pelanggan yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
  • Memanfaatkan informasi dan data pelanggan secara terintegrasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan serta memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal.
  • Dapat menyampaikan informasi dari perusahaan maupun pelanggan secara konsisten.

Manfaat Customer Relationship Management

Para pelaku usaha yang menjalankan strategi CRM dengan tepat dan berkelanjutan bisa mendapatkan banyak manfaat untuk keberlangsungan suatu bisnis, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengurangi Biaya Operasional. Karena, pelaku usaha sudah memiliki target pasar yang pasti dan juga dapat memantau kebutuhan dan kebiasaan pelanggannya. Hal tersebut memungkinkan si pengusaha memberikan strategi promosi yang tepat sehingga meminimalkan pengeluaran yang tidak diperlukan.
  • Efisiensi biaya operasional. Dengan strategi yang tepat, dengan CRM dapat membantu usaha memberikan pelayanan yang maksimal, efektif dan efisien.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan. CRM dapat memaksimalkan pelayanan dan memberikan kepuasaan kepada pelanggan sehingga membuat mereka tetap setia dengan perusahaan melalui program-program promo.
  • Meningkatkan pendapatan usaha, karena dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, hingga mendorong loyalitas pelanggan. CRM secara tidak langsung bisa meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting bagi setiap perusahaan untuk menerapkan strategi CRM dengan tepat dan bijak guna mengembangkan bisnis secara berkelanjutan.

Melihat hal tersebut, Optimo Indonesia melalui Funcrowd menawarkan solusi digital marketing bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produknya. Terlebih, semakin mudahnya para pelaku usaha dengan menjadi dekat dan memanjakan para pelanggannya dengan manajemen yang terkendali penuh.

Funcrowd juga menyediakan berbagai layanan jasa hingga konsultasi seputar Digital marketing. Selain itu, dari sisi pebisnis juga semakin mudah dengan tersedianya fasilitas penjualan dengan loyalty program hingga menyediakan fasilitas layanan basic POS (Point Of Sale) bagi pemilik bisnis untuk sistem pembayaran di toko.

Pemilik bisnis dapat dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan melalui platform Funcrowd dengan memberikan promo yang menarik, voucher diskon, reward, kupon hingga menginformasikan produk-produk baru yang akan diluncurkan.

Tahun ini, selain terus berfokus pada kelima divisinya, Beauty Care, Automotive, Advertising, Flyer (household consumer goods) dan Funcrowd, Optimo juga bekerja sama dengan beberapa Mall dan Pusat Perbelanjaan di seluruh Indonesia guna mempermudah pelanggan mendapatkan produk-produknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here