
Trip.com dan Whoosh Jalin Kerjasama untuk Memperkenalkan Kereta Cepat Indonesia ke Dunia
Marketing.co.id – Berita Marketing | Trip.com mengumumkan kerja sama strategis dengan Whoosh untuk mengintegrasikan penjualan tiket ke platform Trip.com. Mulai Januari 2026, wisatawan dari seluruh dunia dapat memesan tiket Whoosh secara langsung melalui aplikasi dan situs web Trip.com.
Kolaborasi ini bertujuan untuk menghubungkan wisatawan internasional dengan layanan kereta cepat di Indonesia sekaligus meningkatkan kenyamanan perjalan secara signifikan, khususnya bagi traveler dari target pasar utama, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dalam kolaborasi ini, Trip.com berperan sebagai penyedia layanan terintegrasi yang siap memenuhi seluruh kebutuhan wisatawan saat bepergian, mulai dari tiket kereta cepat hingga tiket pesawat, hotel, atau atraksi wisata lokal.
Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia mengaku bangga dapat mengenalkan Whoosh kepada wisatawan global, khususnya wisatawan dari Malaysia yang merupakan wisatawan mancanegara terbanyak yang menggunakan layanan Whoosh. “Malaysia bukan hanya merupakan pasar utama kami, tetapi juga menjadi wisatawan mancanegara terbanyak yang menggunakan layanan Whoosh,” jelasnya.
Sebagai contoh, wisatawan yang merencanakan perjalanan dari Kuala Lumpu kini dapat mengatur penerbangan, penginapan hotel di Jakarta, dan perjalanan kereta cepat ke Bandung dalam satu pemesanan yang praktis dan terintegrasi.
“Kerja sama ini merupakan bagian penting dari strategi kami untuk menyediakan solusi menyeluruh dan terintegrasi bagi seluruh kebutuhan perjalanan, serta menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia,” ujarnya.
Whoosh telah mentransformasi perjalanan antara Jakarta dan Bandung karena mampu menempuh jarak 142 kilometer hanya dalam waktu 45 menit. Popularitasnya kian meroket setelah berhasil melayani lebih dari 6 juta penumpang pada 2024, serta lebih dari 3 juta penumpang pada paruh pertama 2025.
General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China Eva Chairunisa menjelaskan bahwa peningkatan transaksi online mencerminkan perubahan perilaku masyarakat yang kini cenderung lebih menyukai penggunaan layanan digital. Sejalan dengan tren ini, KCIC telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Trip.com untuk memperkuat ekosistem digital Whoosh di berbagai segmen pengguna.
“Pertumbuhan transaksi secara online sebesar 6% menunjukkan bahwa masyarakat semakin nyaman beralih ke sistem digital. Dengan menambahkan saluran pemesanan, kami ingin memperluas jangkauan pasar dan membuat layanan Whoosh semakin mudah diakses oleh semua pengguna,” ujar Eva. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas akses pembelian tiket serta memperkuat jaringan pemasaran digital di tingkat nasional maupun global.
Dalam rangka merayakan peresmian kerja sama ini, Trip.com dan KCIC memberikan promosi eksklusif dan paket perjalanan spesial menjelang tanggal peluncuran layanan.
Kerja sama ini menjadi tonggak baru dalam komitmen jangka panjang Trip.com di Indonesia. Selain itu, Trip.com juga baru saja membuka kantor baru di BSD City, Tangerang, yang berfungsi sebagai pusat operasional lokal untuk memperkuat kolaborasi dengan instansi pemerintah, maskapai penerbangan, grup hotel, serta mitra pembayaran.

