Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Trik Jitu Dapat Pendanaan dari Investor

Marketing – Di era ekonomi digital saat ini, semua aktivitas kehidupan manusia mengalami perubahan. Semua dapat dilakukan secara online dan online membuat kehidupan menjadi serba praktis serta segala hal jadi lebih mudah diakses.

Hal ini mendorong perusahan digital atau startup makin mewabah di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang dimulai dari startup dan pada akhirnya bertumbuh menjadi besar, sukses, dan berkontribusi dalam mendorong perekonomian Indonesia.

Seluruh startup yang menjadi perusahaan Unicorn pun telah berhasil menerima suntikan dana dari investor dari dalam negeri maupun dari luar negeri dengan jumlah dana yang cukup besar. Namun untuk mendapatkan suntikan dana dari investor tidaklah mudah, terutama untuk startup yang sedang berkembang. Berikut beberapa tips yang bisa di aplikasikan perusahaan startup untuk mendapatkan suntikan dana dari investor.

  1. Aktif hadir dan berpartisipasi di berbagai acara komunitas startup

Berpartisipasi di berbagai acara dan perkumpulan dapat menjadi media yang sangat efektif bagi para pemilik perusahaan startup untuk secara lebih dalam memahami ekosistem startup saat ini dan sekaligus kesempatan yang baik bagi mereka untuk mengenalkan dan menjelaskan perusahaannya. Karena, para pemilik perusahaan dapat berkomunikasi dan membangun relasi secara langsung dan aktif dengan investor.

  1. Mencoba untuk mengenali produk perusahaan kepada publik

Banyak startup yang terlalu fokus mengenalkan produk mereka hanya kepada investor, padahal dalam kehidupan sehari-hari customer juga merupakanstakeholder yang tidak kalah pentingnya. Maka dari itu, semakin banyak publik mengetahui tentang produk dan pencapaian perusahaan, akan semakin banyak mendapatkan perhatian para Investor dan potential customer lainnya.

  1. Mencoba Peruntungan ke Kompetisi Start Up

Bertumbuhnya berbagai perusahaan startup baru di Indonesia mengakibatkan banyak investor tertarik untuk mengadakan kompetisi-kompetisiStartup. Ini bisa menjadi kesempatan yang besar untuk para startup secara langsung pitching kepada investor  dan menjelaskan kepada investor mengapa perusahaan mereka patut untuk mendapatkan pendanaan.

Pendanaan dari Investor

Ilustrasi yosstartups.com

  1. Berkantor di Coworking Space

Coworking Space menyediakan ruang kerja kepada perusahaan, khususnya perusahaan startup karena mereka membutuhkan solusi yang praktis dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan mereka. Di dalam Coworking space juga terdapat komunitas startup, dimana para startup secara bebas dapat saling berjejaring dan bergotong royong untuk mengembangkan startup nya. Kesuksesan startup juga dapat dilihat dari seberapa besar dukungannya dari startup lain.

Koléga merupakan salah satu coworking space lokal di Indonesia yang mendukung berbagai komunitas startup untuk bergotong-royong satu sama lain dalam menjalankan bisnisnya. Kolega pun menyediakan wadah bagi komunitas startup untuk berjejaring satu sama lain atau berpartisipasi dalam berbagai jenis acara dan perkumpulan yang dapat mempertemukan para membernya secara langsung dengan calon-calon investor atau partner untuk bisnis mereka.

Penulis: Nadira Alisha, Public Relations Officer dari Koléga Coworking Space

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top