Marketing.co.id – Berita Digital | Belakangan ini, live shopping telah menjadi salah satu preferensi gaya belanja online yang popularitasnya terus meningkat, karena kemampuannya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi pembeli.
Melalui live shopping, pembeli dapat bertanya mengenai produk incaran mereka dan menerima jawaban secara real time yang dapat membantu untuk membuat keputusan pembelian. Tidak hanya itu, penjual juga merasakan manfaat dengan kemampuan untuk menunjukkan produk dengan lebih detail dan informatif.
Tingginya animo masyarakat untuk berbelanja menggunakan live shopping turut dirasakan Shopee. Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan bahwa sepanjang tahun 2022, Shopee Live mengalami peningkatan pembeli dan jumlah produk yang terjual sebanyak 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada kampanye Shopee 3.3, Shopee mencatatkan peningkatan jumlah pesanan produk fashion hingga 3 kali lipat, serta untuk jumlah pesanan pada produk beauty juga meningkat hingga 4 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.
Raffi Ahmad mengaku baru tahu ternyata belanja lewat live shopping itu sangat seru setelah beberapa kali membantu istrinya – Gigi – berjualan. “Aku baru tahu ternyata belanja lewat live shopping itu seru banget ya. Kita jadi bisa liat review produk yang mau dibeli atau kalau ada pertanyaan bisa tanya ke penjual dan langsung dijawab secara real time, bisa liat juga bentuk asli produk yang kita mau beli itu kayak gimana. Mau beli baju, celana, dan sepatu baru jadi gak perlu takut salah ukuran.”
Sementara itu, Fuji Utami mengatakan pernah beberapa kali belanja lewat live shopping dan merasakan experience yang berbeda. “Kalau buat aku pribadi jadi makin semangat belanjanya. Biasanya, barang-barang yang sering aku check out gak jauh-jauh dari makeup atau skincare sih. Menurutku, belanja produk kecantikan lewat live shopping jadi lebih mudah karena bisa lihat penjualnya swatch dan cobain produk yang lagi aku incar. Bisa juga langsung minta rekomendasi shade atau produk yang cocok berdasarkan warna atau masalah kulit aku.”
Sedangkan Founder Erigo Muhammad Sadad mengaku sangat merasakan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh fitur live shopping. Menurutnya, ini merupakan strategi bisnis yang sangat efektif yang perlu dimanfaatkan oleh pelaku bisnis karena pemakaiannya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya tambahan.
“Kami pun bisa memberikan pengalaman belanja yang menarik dan interaktif untuk calon konsumen Erigo, hingga akhirnya bisa membangun kedekatan secara langsung juga karena bisa berkomunikasi secara real-time,” ujarnya.
Bagaiamana apakah brand atau bisnis Anda sudah menggunakan fitur live shopping? Beritahu kami dalam kolom komentar!