Boleh Ditiru Nih! Tips Jadi Konten Kreator Sukses Ala Ria Ricis

[Reading Time Estimation: 4 minutes]
Screenshot

Marketing.co.id – Berita UMKM | Live shopping saat ini telah menjadi primadona bagi banyak kalangan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dibanding online shopping lainnya, live shopping menawarkan komunikasi dua arah sepanjang siaran berlangsung. Ini memungkinkan pelanggan berinteraksi langsung dengan penyiar melalui komentar atau chatting. Cara ini tentunya akan mengubah kebiasaan pelanggan ketika belanja online, dari pasif menjadi reaktif.

Saat ini ada banyak sekali pemain yang menawarkan fitur life shopping, salah satunya Shopee melalui fitur Live dan Shopee Video. Selain memberi warna baru bagi penikmat belanja online, kedua fitur interaktif ini juga membuka peluang bagi konten kreator untuk mengembangkan kreativitas dan berkarya hingga meraih keuntungan.

Ria Ricis merupakan satu di antara banyaknya konten krator dan publik figur yang merasakan manfaat fitur ini. Melalui akun @tokoricisofficial, perempuan muslimah yang akrab disapa Ricis ini sukses memulai peruntungannya menjadi kreator kedua fitur ini dengan merekomendasikan berbagai produk fesyen muslim lokal hingga berhasil meraup pendapatan yang luar biasa!

“Berawal dari kegemaranku mempromosikan produk fashion dari UMKM dan brand lokal, kreatifitasku sebagai kreator berhasil berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan yang signifikan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga. Termasuk dapat membeli sejumlah wishlist yang telah aku dambakan selama ini, serta berhasil membuka lapangan pekerjaan baru dengan semakin berkembangnya tim operasional @tokoricisofficial saat ini,” ujarnya.

Berikut tips jadi konten kreator Shopee Live dan Shopee Video ala Ria Ricis hingga meraih keuntungan maksimal:

Jadwalkan sesi live yang konsisten dan manfaatkan kalender kampanye

Hal pertama yang penting adalah penentuan jadwal live streaming. Ricis senantiasa memanfaatkan tanggal muda seperti payday, awal bulan, serta tanggal kembar pada puncak kampanye belanja karena mampu menarik banyak penonton.

Sebelum memulai sesi live, Ricis memberikan informasi reminder kepada para pengikutnya di berbagai media sosial untuk memantau jadwal live streaming terdekat. Saat ini, Ricis rutin mengadakan sesi live setiap hari dengan rata-rata durasi hingga enam jam! Dengan jadwal rutin, niscaya para penonton akan setia menantikan setiap sesi live kita.

Ciptakan interaksi kuat dengan audiens 

Demi menarik perhatian penonton terhadap produk yang direkomendasikan saat live, Ricis memastikan produk yang dipromosikan terlihat jelas di layar agar penonton dapat check-out dengan mudah. Didukung pencahayaan yang baik, serta latar belakang bersih dan rapi, produk akan terlihat lebih menarik.

Selain itu, Ricis juga selalu memberikan kesempatan kepada penonton untuk bertanya dan melihat detail produk seperti warna dan bahan, serta bagaimana produk tersebut terlihat saat dipakai di sesi try-on. Memberikan informasi produk dengan jelas, mulai dari manfaat, kelebihan, hingga pengalaman pribadi, juga penting untuk memberikan pertimbangan yang kuat bagi penonton untuk membeli.

Pahami kebutuhan para penonton dengan menjadi ‘bestie’ di setiap sesi live

Saat memandu sesi live, Ricis memposisikan dirinya sebagai ‘bestie’ yang gemar berbagi inspirasi menemukan fashion journey terbaiknya. Ricis suka memberikan ide untuk mix & match modest fashion.

“Tak jarang aku mendapatkan feedback positif dari penonton yang telah check-out produk dari sesi live-ku. Untuk mengapresiasi mereka, aku suka mendengarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual, seperti ‘Kak, baju sudah sampai yah,’ lalu saya tanggapi, ‘Bagaimana, sudah dipakai? Bagus nggak, Bun?’ Hal ini membuat penonton merasa dihargai, terlibat, dan terus engage sama kita,” jelas Ricis.

Manfaatkan fitur pendukung untuk menjaga perhatian penonton

Ricis juga mengaku konsisten mengandalkan berbagai fitur menarik yang disediakan Shopee Live, mulai dari Voucher 30 Detik, yang dapat membangkitkan gairah belanja penonton dengan mengajak mereka mengklaim voucher dan melihat produk yang telah disematkan selama 30 Detik.

Ada juga fitur Polling yang dapat digunakan untuk melibatkan penonton dalam memilih produk atau promo yang ingin mereka nikmati, hingga, fitur Tanya-Jawab. Dengan memanfaatkan fitur-fitur Prio Push, kita dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memberikan pengalaman yang lebih interaktif.

Tak hanya Shopee Live, Ria Ricis juga konsisten memaksimalkan fitur Shopee Video dengan berbagi inspirasi busana muslim lewat konten video yang kreatif, berikut memaksimalkan fitur dhopee Video agar untung maksimal: 

Nikmati berbagai template video untuk ciptakan konten video kreatif

Untuk mengoptimalkan konten di fitur Shopee Video, Ricis suka menggunakan template yang tersedia untuk membuat video profesional dan eye-catching dengan mudah. Template ini membantunya mengatur tata letak, gaya, dan elemen penting lainnya dalam video.

Ricis juga konsisten menambahkan hingga enam produk rekomendasi ke dalam video, karena penonton akan lebih tertarik dan mudah check-out jika produk yang di-review langsung ditampilkan. Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas konten, Ricis selalu memanfaatkan hashtag yang relevan agar kontennya mudah ditemukan pengguna lain.

Susunlah pilar konten yang up to date agar memikat para penonton

Menurutnya, dengan memiliki pilar konten yang solid dan konsisten diterapkan, akun Shopee Video akan dengan mudah menjadi populer dan top of mind di hari para pengguna atau di setiap kategori yang kita geluti.

“Mayoritas konten aku merupakan hasil kombinasi dari keseharian rutinitas aku sehari-hari yang ringan, serta konten-konten video bertemakan modest fashion tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan dan mix & match busana muslim untuk beragam occasion,” tambah Ria Ricis.

Ricis berpesan kepada teman-teman konten kreator yang ingin merambah ke dunia live shopping agar terus terus konsisten dalam berkarya dan jangan berkecil hati jika hasil awal konten belum sebesar yang diharapkan.

“Dengan belajar dari tips yang aku sampaikan di atas, teman-teman dapat memiliki referensi untuk terus berkembang. Ekosistem fitur interaktif Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program merupakan peluang yang sangat berharga untuk dimanfaatkan,” pungkas Ricis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here