Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Tren Industri Hiburan di Tengah Era Virtual

Marketing.co.id – Berita Digital | Di tengah masa pandemi, semangt para event creator untuk terus berkarya, berbagi ilmu, dan menghibur masyarakat masih sangat tinggi.

Baca Juga: 7 Insight Menarik Soal Industri Hiburan Indonesia

Menurut Head of LOKET Tubagus Utama, di tengah pandemi ini terdapat  lebih dari 4.000 event creator baru yang semakin menyemarakkan gelaran event online. Menariknya, lahir  beragam jenis event baru dan unik yang menarik antusiasme tinggi masyarakat, seperti event keuangan, memasak, kelas olahraga, hingga konferensi bisnis yang mencatatkan penjualan hingga ribuan tiket per event.

Baca Juga: Tempat Hiburan Masih Tutup, Ramai-ramai Artis Manggung di Platform Digital

Nah,untuk memberikan gambaran lebih besar pertumbuhan seputar industri event, LOKET merangkum sejumlah pandangan menarik dari penyelenggaraan event di era virtual selama tahun 2020:

MICE jadi tren kelas online paling diminati

Perubahan rutinitas harian yang kian menitikberatkan kegiatan online turut mendorong lahirnya berbagai jenis event MICE baru yang unik dan menarik. Tahun lalu, LOKET mencatat lebih dari 600 ribu tiket terjual di kategori MICE yang melingkupi kelas keuangan, memasak, serta bisnis dan marketing. Data ini meningkat 200% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kunci Sukses Wawancara Kerja di Industri Perhotelan

Tubagus mengakui antusiasme masyarakat pada kelas-kelas online meningkat sejak pandemi. “Dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan di rumah, masyarakat terdorong untuk mengikuti berbagai kelas online untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka di bidang tertentu. Dua event menarik yang mencatat antusiasme luar biasa dari masyarakat adalah kelas online soal saham dan memasak yang masing-masing mencapai lebih dari 8.000 tiket.”

Lebih dari 500 ribu pecinta musik padati ruang virtual

Pandemi nyatanya tak menghalangi para pecinta musik untuk bertemu dan bernyanyi bersama idola mereka di panggung. Meskipun menggunakan ruang virtual, para musisi tetap bisa menghibur masyarakat lewat karya-karya terbaru mereka maupun sekadar bernyanyi bersama untuk menuntaskan kerinduan. Di tahun 2020, LOKET berkolaborasi dengan lebih dari 200 musisi untuk menghadirkan festival dan konser musik secara virtual, yang mencatatkan lebih dari 500 ribu tiket terjual.

Tren olahraga virtual tembus lebih dari 10 ribu peserta

Selain senam dan zumba, olahraga lari secara virtual kini menjadi tren di kalangan para pegiat olahraga di masa adaptasi baru. Event lari virtual bahkan berhasil menarik antusiasme lebih lebih dari 10 ribu pegiat olahraga. Rata-rata penjualan tiket pun terbilang cepat, yakni dengan durasi kurang dari satu minggu sejak event tampil di halaman Loket.com dan GoTix.

Bioskop drive-in, alternatif hiburan paling diminati masyarakat urban  

Menikmati hiburan dengan menonton film di layar lebar memang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat urban. Adanya protokol kesehatan yang membatasi menonton film di bioskop turut mendorong drive-in cinema sebagai alternatif hiburan paling aman dan nyaman untuk menikmati tayangan film terbaru. LOKET mencatat sejak pandemi, 155 judul telah diputar melalui drive-in cinema yang mendorong pada penjualan tiket hampir 8.000 hingga akhir tahun 2020.

Di tahun penuh optimisme ini, LOKET melihat industri event akan terus bertumbuh secara positif. Dengan hadirnya berbagai jenis event dan event creator baru secara langsung juga turut membantu geliat ekonomi di masa penuh tantangan. Tidak hanya bagi para event creator besar, tetapi mencakup semua skala dan jenis event.

Baca Juga: Selfie, Tren Pendongkrak Industri

“Kami berkomitmen untuk selalu mendorong pertumbuhan industri event dan hiburan melalui berbagai inovasi terbaru yang semakin memicu kreativitas. Dengan kemudahan layanan dan integrasi teknologi satu pintu, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat kami siap mendukung para event creator semua skala dalam menghadirkan ragam event menarik di tahun 2021,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top