Transcosmos Indonesia Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Inovasi Digital

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Teknologi | Transcosmos Inc., perusahaan global yang didirikan pada tahun 1985 di Tokyo, Jepang, terus menorehkan prestasi dengan ekspansi dan inovasi yang konsisten. Salah satu anak perusahaannya, PT. transcosmos Indonesia (TCID), telah menjelma menjadi pemimpin dalam layanan customer experience dan digital marketing di Indonesia sejak hadir pada tahun 2013.

Ardi A. Sudarto, Vice President Director PT Transcosmos Indonesia mengatakan, adapun perjalanan transcosmos dimulai sejak tahun 1966 dengan fokus pada layanan entri data, sebelum memperluas bisnis ke layanan helpdesk, jaringan, dan sistem pada tahun 1980. Pada tahun 2013, transcosmos memasuki pasar Indonesia melalui TCID, yang didirikan di Jakarta melalui kemitraan dengan CBN (Salim Group).

“TCID kemudian merambah ke Semarang pada tahun 2018 dan baru-baru ini membuka kantor di Yogyakarta pada tahun 2024. Saat ini, TCID mengoperasikan lebih dari 1.200 seats di Jakarta, 2.000 seats di Semarang, dan 700 seats di Yogyakarta, dengan total lebih dari 3.200 karyawan,” papar dia.

Layanan Unggulan dan Teknologi Terkini

TCID dikenal karena komitmen terhadap kualitas layanan pelanggan yang tinggi. Mereka menawarkan berbagai layanan mulai dari contact center hingga solusi digital marketing yang canggih. Penggunaan teknologi AI dan automation telah menjadi salah satu pilar utama dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan.

Diana Pangestu, Head of Business Development PT Transcosmos Indonesia menambahkan, adapun salah satu inovasi terbaru adalah penggunaan chatbot dan talkbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time dengan interaksi yang mirip manusia.

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan kami dengan mengadopsi teknologi terbaru seperti chatbot dan Translingo. Kami percaya inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan,” imbuh Diana.

Translingo, dia melanjutkan, merupakan alat terjemahan mesin yang dikembangkan oleh transcosmos, memungkinkan layanan obrolan multi bahasa tanpa memerlukan agen bilingual, menghadirkan pengalaman berkomunikasi yang lebih mulus bagi pelanggan dari berbagai latar belakang bahasa.

Selain itu, TCID juga mengembangkan TransCXP, platform omni-channel yang mengintegrasikan interaksi pelanggan di berbagai platform digital dan voice channel. Platform ini dirancang untuk mempercepat dan menyederhanakan proses layanan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

TCID juga memberikan perhatian besar terhadap otomatisasi proses dengan menyediakan layanan Robotic Process Automation (RPA) untuk mendukung berbagai departemen seperti HR, GA, keuangan, dan IT. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam operasional perusahaan.

Selain fokus pada teknologi, TCID juga berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia. Mereka menggabungkan standar tinggi dari Jepang dengan budaya kerja Indonesia untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan mendukung pertumbuhan karyawan. Semua karyawan TCID diwajibkan untuk mematuhi nilai-nilai perusahaan yang mencakup integritas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang unggul.

“Pengembangan SDM merupakan investasi jangka panjang bagi kami. Kami memberikan pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis karyawan, sehingga mereka dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” tegas Diana.

Selama 11 tahun beroperasi di Indonesia, TCID telah mencatat berbagai pencapaian signifikan. Mulai dari meluncurkan layanan digital marketing komprehensif pada tahun 2014, implementasi chatbot pada tahun 2017, hingga ekspansi ke Semarang pada tahun 2018 dan Yogyakarta pada tahun 2024.

“Dengan perjalanan ini, TCID terus berinovasi dan menghadapi tantangan dalam mengikuti perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi yang dinamis, salah satunya menggunakan teknologi AI. Hingga saat ini, sudah lebih dari 50 perusahaan middle-up dari berbagai industri yang mempercayakan layanan customer experience dan digital marketing,” imbuh Ardi saat sesi wawancara dalam acara perayaan 11 tahun Transcosmos Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here