Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

“Tranquil Dawn” Tren Warna Dulux di Tahun 2020

Marketing – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli Dulux – brand cat dinding dekoratif besutan AzkoNobel, menunjukkan bahwa di tahun 2019, masyarakat di seluruh dunia tengah mengalami kesibukan di keseharian dan dunia digital. Untuk itu, Dulux pun meluncurkan warna “Tranquil Dawn” sebagai Colour of the Year untuk tahun 2020.

Indra Laban, President Director PT ICI Paints Indonesia (AzkoNobel Decorative Paints Indonesia) mengungkapkan, Dulux ingin mengajak banyak orang untuk membuat kehidupan yang lebih baik dan bermakna – seperti bercengkrama dengan keluarga serta menemukan rasa nyaman dan kenang di tempat tinggal.

“Warna Tranquil Dawn merupakan sebuah warna yang dapat mengembalikan manusia pada sisi kemanusian ‘Human Touch’ serta menemukan makna dalam kehidupan. Untuk itu, kami bekerja dengan para profesional terkait tren warna terbaru untuk setiap tahunnya. Ini juga merupakan warna yang didasari oleh penelitian yang matang,” ujar dia.

Adapun pemilihan Dulux Colour of the Year sendiri dilakukan setiap tahunnya untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihan warna dan desain melalui inspirasi, visualisasi, pilihan produm dan aplikasi. Dimana, konsumen dapat menggunakan sejumlah alat yang telah tersedia untuk menentukan pilihannya, yaitu dengan menggunakan colour tester dan solusi digital inovatif seperti visualizer.

Tahun ini, Dulux berkolaborasi dengan desainer interior profesional, Alvin Tjitrowirjo, pemilik dari AlvinT Studio untuk menampilkan warna Tranquil Dawn melalui desainnya. Dia menjelaskan, melihat tren saat ini, orang benar-benar membutuhkan ketenangan dan keheningan untuk merefleksikan diri mereka di tengah komitmen yang dinamis terhadap kehidupan di kota besar.

Warna teduh halus di antara hijau, biru dan abu-abu, merupakan fitur Tranquil Dawn di keempat palet Colour of The Year 2020. Masing-masing dari empat palet warna tersebut menampilkan Tranquil Dawn, tetapi dengan efek yang berbeda.

The Care Pallete adalah campuran warna netral dan lembut yang diilhami oleh pagi di musim semi; The Play Palette mewujudkan energi transformatif dari hari musim panas yang cerah; The Meaning Pallete mengingatkan akan cakrawala cerah dan sejuk di hari musim dingin; dan The Creativity Pallete dipenuhi oleh nada-nada yang intens dan kaya dari hari musim gugur yang hangat.

“Untuk rumah dan cat dekoratif khususnya, empat palet warna yang terkait memenuhi serangkaian kebutuhan yang spesifik, sementara juga memungkinkan konsumen untuk mengekspresikan diri melalui warna dengan percaya diri,” imbuh Indra.

Hal senada juga diungkapkan Reza Gunawan, seorang praktisi penyembuhan emosional, untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh warna terhadap suasana hati dan emosi. Dia menyatakan, bahwa warna bukan sesuatu yang hanya digunakan untuk mempercantik dan memperindah ruangan saja, tetapi lebih dari itu, warna memiliki peranan yang lebih mendalam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top