Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3% di Lebaran 1440 H

Marketing – Lebaran tahun ini, kenaikan trafik layanan data Telkomsel mencatat angka tertinggi pada H-1 menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat 12.3% jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan data Telkomsel ini mengalami kenaikan sekitar 49,8%. Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 hingga 06:00, atau pada saat sahur.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (sebesar31,2%) dan JawaTimur (sebesar26,9%).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal . Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran – Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial mencapai 30,4 %. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data.

Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsikuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube. Khusus layanan media sosial, kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram.

Sementara itu, beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah Google Service yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar7,7%, diikuti Mobile Legend danTikTo kmasing-masing sebesar 1,1%.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap dioptimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman.

“Untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, kami juga telah memperluas layanan 4G LTEke lebih 500 Ibu Kota/Kabupaten di mana 97% telah menjangkau Ibu Kota Kecamatan, sehingga 93% populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel. Selain itu, kami juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30Gb khusus untuk pelanggan yang menukarkan kartu 4G,” papar Denny.

“Dengan jaringan 4G Telkomsel, pelanggan akan dapat download, upload ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar seperti foto, video, games, aplikasi dan lain sebagainya dengan lebih baik,” lanjut Denny.

Trafik Layanan Data telkomsel

Jajaran Direksi Telkom Group dan Telkomsel saat melakukan pengecekan di posko Ramadan dan Idul Fitri 2019 guna memantau pergerekan dan lonjaka trafik komunikasi pelanggan Telkomsel guna pada momen mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar-14,9% menjadi 1.05 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan sebesar-3,7% menjadi 531 juta SMS.

Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,69%, 99,70%, dan 98,52% yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dariwilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dengan 2,80 juta pelanggan, Jawa Barat (1,57juta pelanggan), dan JawaTimur(1,28jutapelanggan).

Berikut data performansilayananTelkomselpadaPeriode Ramadhan danIdulFitri 2019:

TrafikLayanan

LayananTrafik Puncak

Lebaran 2019

Perbandingan dengan Trafik Puncak Lebaran 2018Perbandingan dengan Trafik Hari Normal 2019
Data19,30 petabyteNaik 49,8 PersenNaik 12,3 Persen
SMS531 Juta SMSTurun-10,6 PersenTurun-3,7 Persen
Suara1,05 Miliar MenitTurun-19,2 PersenTurun-14,9 Persen

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top