Marketing.co.id – Toyota dan Ford terus berupaya untuk meningkatkan penjualan secara global. Mereka sama-sama memiliki angka penjualan yang tinggi secara global.
Ford merilis data penjualan yang menempatkan dirinya sebagai yang tertinggi dalam hal penjualan, dan menempatkan Toyota pada posisi kedua. Tidak lama kemudian, Toyota balas mengeluarkan data sendiri yang menempatkan Ford di posisi kedua.
Permasalahan ini muncul dari data yang dikeluarkan oleh R.L. Polk & Co. Menurut data tersebut, salah satu produk unggulan Ford (Fusion), merupakan mobil kompak terlaris di dunia dengan total penjualan mencapai 1,02 juta unit pada 2012.
Namun, Toyota membantah data tersebut. Toyota mengklaim, penjualan Corolla melebihi angka tersebut, di mana total penjualan Corolla mencapai 1,16 juta unit. Jumlah tersebut sangat jauh berbeda dari angka yang dikeluarkan oleh R.L. Polk & Co. yang hanya 872.774 unit.
Ini bukan pertama kalinya Ford dan Toyota bersitegang. Keduanya pernah bersitegang terkait angka penjualan sebagai yang terlaris secara global sekitar enam bulan lalu. Saat itu, Ford menggunakan data dari IHS Automotive, yang tidak memasukkan varietas derivatif dari Corolla dalam laporannya. Tidak mengherankan, Toyota kemudian mempermasalahkan data tersebut.
Menurut Vice President Toyota AS, Mike Michaels, “Registrasi Corolla disebabkan oleh selisih angka yang hampir mencapai 300.000 unit dari Polk. Perbedaan ini sangat mencolok dan kami telah meminta klarifikasi. Namun, tidak ada respon dari mereka.”
Sampai hal tersebut diklarifikasi, Ford tetap mempertahankan klaimnya berada di posisi teratas – sesuatu yang jarang terjadi, mengingat sejarah panjang Toyota yang mendominasi pasar mobil.
Sumber: Bloomberg