Peran social media yang semakin besar menjadi inspirasi bagi MediaWave dan majalah MARKETING untuk memberikan anugerah Social Media Award. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan kepada perusahaan-perusahaan dengan share of voice yang besar serta memiliki sentimen yang baik di social media. Dasar dari Social Media Award adalah riset percakapan di social media di Indonesia. Data percakapan ini diperoleh dengan menggunakan social media monitoring platform MediaWave. MediaWave melakukan monitoring percakapan konsumen di social media termasuk social network sites (Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok), blog, news, video, dan forum. Setiap pembicaraan merek dianalisis berdasarkan kualitas dan kuantitas percakapan.
Dengan menggunakan data hasil monitoring, Media Wave bersama majalah MARKETING menganalisis dan mendapatkan daftar merek yang saat ini memiliki pangsa serta sentimen pembicaraan yang baik di social media. Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi industri berdasarkan Social Influence Marketing Score (SIM Score) yang dikeluarkan oleh Razorfish. Indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index) diukur dengan rumus berikut: persentase pembicaraan positif suatu merek di dalam kategori tertentu ditambah persentase pembicaraan netral merek tersebut di kategori, dikurangi persentase pembicaraan negatif merek tersebut di kategori. Indeks memiliki range antara 200% (maksimum) dan -100% (minimum) sehingga bisa terjadi indeks EMSS suatu brand negatif atau lebih dari 100%.
Setelah indeks untuk setiap merek didapat, pemenang di setiap kategori industri ditentukan berdasar dua syarat yaitu (1) memiliki angka indeks lebih dari 10%; (2) menempati posisi dua besar di setiap kategori.
Di Social Media Award tahun 2024, ada 260 kategori industri yang dimonitor dengan lebih dari 1.000 merek. Pemilihan merek yang dimonitor dilakukan berdasarkan hasil Top Brand Index dan kategori yang dipilih. Selain merek, MediaWave juga melakukan monitoring percakapan warganet terhadap public figure, seperti artis. Dari hasil monitoring dapat diketahui siapa saja aktris, aktor, penyanyi, ataupun Youtuber yang mendapat sentimen percakapan positif paling banyak.
Hasilnya sebagaimana tabel berikut:
MM_SEPT 24_Tabel SMA
(Note: tabel index tersebut juga bisa Anda dapatkan di Majalah Marketing versi cetak maupun PDF).