Inilah Merek Paling Top di Pasar Anak Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

pemenang top brand for kids 2016Segmen anak memiliki pasar yang besar, namun persaingan pasar segmen ini sangatlah ketat. Berikut merek-merek yang berhasil menaklukan pasar anak berdasarkan data Top Brand for Kids 2016.

Marketingcoid –  Pasar anak sangatah potensial. Selain populasinya yang besar, kebutuhan mereka tak sebatas makan dan minum saja. Tapi, menyangkut juga pendidikan, hiburan, asuransi, dan banyak lagi.

Dengan latar belakang itulah banyak perusahaan, lokal dan internasional, bersaing memperebutkan pasar yang menjanjikan ini.

CEO Frontier Consulting Group Handi D Irawan menyebut pasar anak adalah pasar three in one. Mereka adalah pasar primer karena memiliki uang saku. Pasar ini tidak begitu besar karena hanya mengandalkan belanja mereka dari uang saku.

Yang lebih hebat adalah anak-anak juga merupakan influencer atau secondary market karena mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pembelian produk untuk mereka dan keluarga.

“Anak adalah pasar masa depan (future market),” katanya kepada Majalah Marketing.

Persaingan pasar memang memaksa ada jawara dan ada yang minor. Gambaran tersebut terlihat jelas dari hasi survei tahunan yang dikeluarkan Frontier bekerja sama dengan Majalah Marketing.

Survei yang diberi nama Top Brand for Kids and Teens ini menunjukkan merek-merek yang berhasil meraih posisi ‘Top’ di pasar anak dan remaja.

Berikut merek-merek yang berhasil menjadi jawara di pasar anak Indonesia:

Pemenang Top Brand for Kids 2016
No Kategori Merek Perusahaan
1 Baby Spa Mom n Jo PT Mom n Jo
2 Vitamin for Children’s Imune System Stimuno PT Dexa Medica
3 Mint Candy Relaxa PT Agel Langgeng
4 Telon Oil Telon Lang PT Eagle Indo Pharma
5 Ice Cream Campina PT Campina Ice Cream Industry
6 Bottle Steamer/Sterilization Crown PT Crown Indonesia
7 Milk Heater Crown PT Crown Indonesia
8 Kids’ Magazine Bobo PT Penerbitan Sarana Bobo
9 Telon Oil My Baby PT Barclay Products (The Tempo Group)
10 Baby Powder My Baby PT Barclay Products (The Tempo Group)
11 Cerebral Vitamin Vidoran Smart PT Tempo Scan Pacific, Tbk
12 Kids’ Salon Kiddy Cuts PT Kiddycuts Pratama Indonesia
13 Baby Holder Baby Scots CV Indoscots Baby Utama
14 Baby Mattrass Baby Scots CV Indoscots Baby Utama
15 Baby Equipment Bag Baby Scots CV Indoscots Baby Utama
16 Baby Blanket Baby Scots CV Indoscots Baby Utama
17 Fast Food Chain McDonald’s PT Rekso Nasional Food (Mc Donald)
18 Study Counseling Primagama PT Prima Edu Pendamping Belajar
19 Baby Equipment Cleaner-Liquid Sleek PT Kino Indonesia
20 Baby Cologne Eskulin Kids PT Kino Indonesia
21 Baby Cologne Master Kids PT Kino Indonesia
22 Baby Cologne B&B PT Kino Indonesia
23 Baby Biscuit Milna PT Sanghiang Perkasa
24 Family Entertainment Center Time Zone PT Matahari Graha Fantasi
25 Tricycle Family PT Jakarta Tunggal Citra
26 Baby Walker Family PT Jakarta Tunggal Citra
27 Bicycle Family PT Jakarta Tunggal Citra
28 Baby  Stroller Family PT Jakarta Tunggal Citra
29 Study Counseling Ganesha Operation Ganesha Operation
30 Noodle Snack Gemez PT Siantar Top Tbk
31 Breast Milk Bottle BKA BKA Indonesia
32 Toy Shop Toys City PT Hero Intiputra
33 Telon Oil Konicare PT Konimex
34 Cheese Wafer Richeese Nabati PT Kaldu Sari Nabati Indonesia
35 Jelly Cup Inaco PT Niramas Utama
36 Kids’ Tshirt Nevada PT Matahari Department Stores, Tbk
37 Baby Shoes Little M PT Matahari Department Stores, Tbk

Menaklukan pasar anak memang tak mudah, mengingat rendahnya loyalitas di pasar ini. namun, jika Anda sebagai marketer dapat memahami selera mereka, Anda akan meraih loyalitas.

Jika itu berhasil tentu keuntungan besar akan Anda peroleh karena Anda akan mendapatkan pasar mereka saat ini dan pasar mereka di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here