Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Top Brand Index : Survei Merek Terpanjang di Dunia

Marketing.co.id – Indonesia patut berbangga memiliki survei merek yang paling panjang di dunia, yang bernama Top Brand Index. Survei brand tracking ini telah berlangsung lebih dari 20 tahun sejak pertama kali survei dilakukan pada tahun 2000 lalu. Dengan melibatkan lebih dari 2.000 merek dan 500 kategori produk, Top Brand Index telah menjadi barometer kinerja merek di Indonesia, dan selalu menjadi perhatian bagi para pemilik merek.

Top Brand Index

Logo Top Brand

Selama 20 tahun lebih, Frontier Group melalui divisi riset pasarnya, telah melakukan pengukuran kekuatan merek dengan menggunakan tiga parameter, yaitu mind share, market share dan commitment share. Ketiga parameter ini menghasilkan top brand index. Indeks yang selanjutnya akan menentukan merek-merek mana yang akan masuk dalam kategori Top Brand.

Dengan data survei yang panjang, kita bisa memperkirakan kapan merek itu tetap berjaya dan kapan merek itu akan masuk dangerous zone. Dengan data-data Top Brand, pemilik merek akan senantiasa terpacu untuk meningkatkan daya saing produknya sehingga merek yang dibesutnya ini mampu bersaing di pasar.

Banyak perusahaan atau marketer yang menggunakan data-data top brand index sebagai alat ukur kesuksesan merek yang dikelolanya. Oleh karena itu, tak heran bila setiap tahun data top brand index selalu dinantikan oleh perusahaan atau para marketer. Tidak hanya itu, data top brand index juga telah menjadi kajian akademis di berbagai perguruan tinggi negeri, dan bahkan pernah dipresentasikan di universitas ternama di Australia.

Baca juga : Strategi Merek Tetap Top Saat dan Pascapandemi

Sungguh merupakan kebanggaan sendiri bagi perusahaan yang mereknya meraih Top Brand. Merek yang mendapat predikat Top Brand adalah wujud dan bukti kepercayaan para konsumen atas merek tersebut. Sebagaimana terungkap dalam survei, sebanyak 4 dari 5 konsumen percaya pada merek/produk yang ada logo Top Brand. Ini membuktikan kuatnya pemberian logo Top Brand pada sebuah merek.

Top Brand Index

Top Brand adalah logo yang paling banyak dipakai oleh merek-merek Indonesia untuk dipasang di kemasan produk, di iklan mapun di marketing tools lainnya. Top Brand juga menempati peringkat nomor 1 di Google.co.id. Ketika Anda mau mencari kata Top Brand di Google.co.id, maka kata Top Brand ada di peringkat pertama. Ini membuktikan bahwa Top Brand banyak dicari oleh masyarakat.

Kini, hampir 100 % dari konsumen mengenali logo Top Brand yang ada pada kemasan produk dan iklan televisi. Logo Top Brand juga terbukti memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top