TOP BRAND INDEX FASE 2 – 2024

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

 

Survei Top Brand adalah survei independent berskala nasional yang diadakan setiap tahun oleh Frontier. Hasil survei ini menjadi tolok ukur penting dalam menilai kinerja merek. Dengan mengamati pergerakan Top Brand Index (TBI), kita dapat melihat pencapaian merek di masa lalu dan memprediksi kinerjanya di masa depan.

Survei Top Brand tahun 2024 dilaksanakan serentak di 15 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, dan Manado. Survei ini melibatkan 12.000 responden, terdiri dari 8.000 sampel acak, 1.800 sampel acak ritel, dan 2.200 sampel tambahan (booster).

Top Brand Index diukur menggunakan tiga parameter utama yaitu (1) Top of Mind Awareness (merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produk disebutkan); (2) Last Used (merek yang terakhir kali digunakan atau dikonsumsi oleh responden dalam satu siklus pembelian ulang); (3) Future Intention (merek yang ingin digunakan atau dikonsumsi oleh responden di masa mendatang).

Nilai setiap parameter untuk sebuah merek dalam kategori produk tertentu diperoleh dengan menghitung persentase frekuensi merek relatif terhadap frekuensi keseluruhan merek dalam kategori tersebut.

Top Brand Index diperoleh dengan menghitung rata-rata terbobot dari masing-masing parameter. Top Brand Award diberikan kepada merek-merek dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria: (1) memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10.0%; (2) berada dalam posisi tiga teratas (top three) dalam kategori produk menurut hasil survei.

Sebuah merek harus memenuhi kedua kriteria ini untuk menyandang predikat “Top Brand”. Dengan demikian, dalam satu kategori produk, bisa ada lebih dari satu merek—maksimal tiga merek—yang meraih predikat Top Brand.

MM_JULI 24_Tabel TBA Fase 2 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here