Dalam era digital yang semakin berkembang, preferensi anak-anak dan remaja terhadap suatu merek terus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh tren gaya hidup, perkembangan teknologi, dan eksposur di media sosial. Memahami preferensi dan perilaku generasi muda menjadi kunci keberhasilan sebuah merek.
Salah satu indikator dalam menilai kinerja merek di segmen ini adalah melalui survei Top Brand Kids & Teens 2025. Survei ini memiliki kapabilitas untuk memantau perilaku pembelian, tingkat pengetahuan merek, penggunaan produk, serta loyalitas terhadap merek tertentu di kalangan anak dan remaja. Metode survei ini mampu memberikan gambaran akurat tentang daya saing antar merek di pasar anak dan remaja.
Metodologi Pengukuran
Tahun ini, survei Top Brand Kids & Teens diselenggarakan untuk ke-17 kalinya di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan, dengan melibatkan 2.500 responden. Rincian responden adalah sebagai berikut:
Survei Kids melibatkan 1.500 responden yang terdiri dari (1) Panel Anak dengan 500 responden (anak usia 8-12 tahun, kelas III-VI SD); dan (2) Panel Ibu dengan 1.000 responden (wanita berusia 25-50 tahun yang memiliki anak usia 0-12 tahun dan masih bersekolah di TK atau SD).
Survei Teens melibatkan 1.000 responden, terdiri dari remaja berusia 13-18 tahun yang masih bersekolah di SMP atau SMA.
Metode survei menggunakan kombinasi 80% wawancara tatap muka dan 20% survei online. Data dikumpulkan melalui metode multistage random sampling, dengan pelaksanaan survei lapangan pada Januari 2025 menggunakan kuesioner terstruktur.
Kerangka analisis Top Brand Kids & Teens diukur berdasarkan tiga komponenutama yakni (1) Top of Mind Awareness (merek yang disebut oleh responden saat kategori produk ditanyakan); (2) Last Used (merek terakhir yang digunakan atau dikonsumsi oleh responden dalam satu siklus pembelian); (3) Future Intention (merek yang ingin digunakan atau dikonsumsi oleh responden di masa mendatang).
Nilai tiap-tiap parameter—Top of Mind Awareness, Last Usage, dan Future Intention—untuk sebuah merek dalam kategori produk tertentu diperoleh dengan menghitung persentase frekuensi penyebutan merek tersebut relatif terhadap total frekuensi keseluruhan merek. Top Brand Index (TBI) kemudian dihitung sebagai rata-rata terbobot dari ketiga parameter tersebut.
Top Brand for Kids Award dan Top Brand for Teens Award diberikan kepada merek-merek dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria, yaitu (1) memiliki Top Brand Index minimal 10,0%; (2) berada dalam tiga besar di ategori produknya berdasarkan hasil survei.
Sebuah merek harus memenuhi kedua kriteria di atas untuk memperoleh predikat Top Brand. Dalam satu kategori produk, bisa lebih dari satu merek—maksimal tiga merek—yang meraih gelar tersebut.
Melalui penghargaan ini, Top Brand Kids & Teens memberikan apresiasi kepada merek-merek yang mampu mempertahankan relevansi dan loyalitas di segmen anak-anak dan remaja, sekaligus menjadi pilihan utama di benak konsumen muda.
MM_APR 25_Tabel TBFKT 2025