Rahasia Prodia Menjadi Merek Laboratorium Klinik Paling TOP di Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Award Achiever | Prodia kembali mempertahankan posisinya sebagai merek laboratorium klinik paling top di Indonesia setelah meraih TOP Brand Award 2024, kategori Laboratorium. Penghargaan paling bergengsi untuk merek di Indonesia ini diraih Prodia setelah meraih TOP Brand Index sebesar 46,80%. Angka tersebut jauh meninggalkan para kompetitornya di posisi kedua (12,80%) dan ketiga (10,90%).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Frontier Technology Rendi Peterson kepada Dr. Indriyanti Rafi Sukmawati, M.Si, Direktur Bisnis dan Pemasaran Prodia  PT. Prodia Widyahusada Tbk di Sky Ayana Resort Jimbaran, Bali, Rabu (7/8).

“Kami merasa sangat bersyukur dengan kepercayaan dari seluruh masyarakat Indonesia dan Majalah Marketing yang menganugerahi Top Brand Award kepada Prodia untuk yang ke-15 kalinya. Penghargaan ini merupakan penyemangat bagi kami dalam berkompetisi di tengah dinamika pasar yang semakin berevolusi dan menjadi tantang bagi kami untuk terus berinovasi untuk tetap mempertahankan pencapaian ini,” ujar Indriyani.

Menurut Indriyani, penghargaan ini sangat penting sekali bagi Prodia banyak mendapatkan insight. “Data yang kami peroleh dari Frontier menjadi salah satu sumber informasi yang sangat bermanfaat untuk melanjutkan langkah kami ke depan,” lanjut Indriyani.

Dengan diraihnya TOP Brand Award, kata Indriyani, Prodia bukan hanya diakui memiliki identitas yang kuat namun juga mencerminkan keberhasilan dari strategi pemasaran yang tepat, inovasi berkelanjutan, serta pemicu agar selalu memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras, dedikasi, dan inovasi dari seluruh insan Prodia.

Lebih lanjut Indriyani membeberkan bagaimana Prodia bisa menjadi merek laboratorium klinik paling TOP di Indonesia. Menurutnya, sejak awal dibangun, nilai, prinsip, dan visi Prodia sudah sangat jelas untuk memberikan diagnosa dan layanan kesehatan terbaik. Tahun 2024, menjadi pencapaian yang membuktikan bahwa Prodia selalu menjaga kualitas laboratorium diagnostik kesehatan, untuk memberikan layanan dan hasil pemeriksaan kesehatan yang akurat, presisi, dan berstandar global.

“Komitmen kami untuk terus memberikan layanan diagnostik kesehatan yang komprehensif serta berkualitas bagi pelanggan telah membuat Prodia dipercaya dan diakui dengan akreditasi the College of American Pathologist (CAP) sebagai standar mutu pelayanan laboratorium klinik berkelas dunia selama 12 tahun berturut-turut. Kedepannya Prodia berharap dapat terus menjaga kualitas layanannya, sehingga mampu meningkatkan added value di mata pelanggan dan para pemangku kepentingan,” ujarnya.

Prodia juga memiliki jaringan yang luas dan terintegrasi. Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 329 outlet, di 80 kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan Prodia Health Care, yakni layanan wellness clinic berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children, Prodia Women, dan Prodia Senior.

Selain itu, Prodia juga bekerja sama dengan rumah sakit terkemuka untuk menghadirkan Genomic Centre di mana Prodia menyediakan sumber daya manusia untuk memberikan informasi terkait pemeriksaan genomik kepada pasien dan dokter. Kedua pihak akan memberikan layanan konsultasi pra dan pasca pemeriksaan genomik. Mulai dari skrining terkait risiko penyakit, upaya pencegahan, onkologi, diagnosis, dan pengobatan yang tepat kepada pasien.

Sesuai dengan visinya sebagai “Center of Excellence” dan penyedia layanan kesehatan terpercaya menunjang pengobatan generasi baru, Prodia mengembangkan pemeriksaan baru yang dibutuhkan baik untuk skrining diagnosis dan monitoring terapi. Sebanyak 137 test baru telah diluncurkan sejak 2018. Prodia termasuk unggul dan lengkap dalam penyediaan tes dengan metode mass spectometry seperti pemeriksaan genomik dan proteomic metabolomics yang saat ini belum banyak dikembangkan di lab komersil dan rumah sakit di Indonesia.

Selain hadir dengan cabang fisik, Prodia juga hadir melalui digital dengan aplikasi U by Prodia dan Prodia for Doctor. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses layanan laboratorium Prodia mulai dari pemesanan pemeriksaan, konsultasi gratis, hingga penerimaan hasil secara online. Untuk semakin memudahkan pelanggan, Home Service Prodia juga tersedia untuk pengambilan sampel di mana saja, yang dapat dipesan melalui aplikasi maupun kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830. Dengan kehadirannya yang fleksibel Indriyani optimis kehadiran dan visibilitas Prodia dapat berperan penting menunjang keseharian pelanggan.

Meskipun memiliki banyak keunggulan dan memegang posisi top of mind, Indri mengatakan bahwa persaingan tetap ketat. Tidak dapat dipungkiri, yang lain juga terus berinovasi dan meningkatkan layanannya untuk bisa bersaing dan menarik lebih banyak pelanggan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Prodia untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan market share.

Namun, Indriyani mengatakan, persaingan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan Prodia untuk mengadopsi teknologi terbaru. Dan, Prodia sering kali unggul dalam hal ini karena investasi dalam teknologi canggih dan peralatan modern menjadi salah satu fokus utama.

Agar terus bisa bersaing dan tetap menjadi TOP Brand, Indriyani mengatakan akan terus mengkaji kualitas produk dan layanan secara berkala, edukasi produk dan layanan kepada pelanggan, kemitraan strategis dengan rumah sakit, dokter, institusi pendidikan, dan komunitas, serta adaptasi teknologi dan terus berinovasi. “Saat ini strategi pemasaran holistik gencar kami lakukan dengan menyatukan pendekatan push and pull marketing strategy,” terang Indri.

“Tentunya dengan inovasi produk dan layanan yang konsisten serta melakukan perbaikan di semua bidang harapannya bisa memenuhi ekspektasi pelanggan. Tidak kalah pentingnya data yang kami dapatkan dari Frontier sebagai basis juga untuk strategi kedepan sehingga kami optimis untuk dapat mempertahankan Trop Brand,” pungkas Indriyanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here