Top Brand Award 2024: Inspirasi Bagi Insan Brand di Indonesia

Handi Irawan, CEO Frontier dan Penggagas Top Brand Award (TBA), menyampaikan opening speech pada Top Brand Award 2024 di Ayana SKY, Jimbaran, Bali. (Foto: Dok EO One/Res 72dpi)

Marketing.co.id – Awards Achievers | Dinamika brand-brand di pasar menunjukkan bahwa kompetisi antar brand di pasar semakin tinggi. Bukan hanya sesama kategori produk, namun juga dengan kategori produk lainnya.

Oleh karena itu, Majalah Marketing dan Frontier secara konsisten mengadakan Top Brand Award setiap tahunnya. Penghargaan bergengsi bagi brand yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia tersebut kembali digelar di Ayana Sky Amphitheatre Jimbaran, Bali, Rabu (28/2).

Dalam seremoni tersebut juga ditampilkan testimoni dari para peraih Top Brand Award 2024, dimana penghargaan TOP BRAND membawa manfaat yang besar bagi tumbuh kembang brand-brand yang meraihnya.

Handi Irawan D., CEO Frontier & Founder Top Brand Award, dalam sambutannya menekankan pentingnya memerhatikan Top Brand Index (TBI). Sudah 25 tahun Frontier melakukan survei dan 17 tahun menyelenggarakan ToP Brand Award. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran mengenai tren yang berhubungan dengan brand strategy ke depannya.

“Bukan masalah penghargaannya. Tapi, yang paling penting adalah indeksnya,” tegasnya.

Menurut Handi Irawan, TBI memberikan tiga implikasi. Pertama, sharing hasil TBI ke seluruh karyawan. Kalau indeksnya baik, ini adalah suatu pencapaian yang membanggakan. Ucapkan kepada mereka bahwa mereka telah bekerja keras dan bekerja dengan sangat baik sehingga terjadi kenaikan indeks. Atau, jika indeksnya menurun ini adalah suatu hal yang harus dikomunikasikan agar bekerja lebih baik dan lebih keras lagi.

Kedua, kita selalu memiliki kebiasaan untuk selalu mengukur. “Jadi, melalui TBI ini nyatakan berapa indeks yang ingin dicapai 3-5 tahun ke depan. Tujuan dari TBI sebenarnya adalah untuk memberikan inspirasi kepada insan-insan brand di seluruh Indonesia. Supaya mereka yang bekerja sebagai Product Manager, Marketing Manager, Marketing Director, CEO atau bahkan Owner memiliki tujuan bahwa brand merupakan salah satu aset yang sangat penting bagi perusahaan. Sering kali aset dari brand jauh lebih mahal nilainya dibanding aset mesin dan bangunan. Budayakan TBI ini untuk mengukur,” kata Handi Irawan.

Ketiga, Anda bisa menempatkan logo TOP BRAND di kemasan dan iklan. Hari ini, TOP BRAND adalah logo yang paling banyak dicetak dan dilihat di seluruh indonesia. “Survei internal kami menunjukkan bahwa awareness TOP BRAND sudah lebih dari 10 persen. Kalau ada 5 pembeli, 4 di antaranya terpengaruh jika melihat logo TOP BRAND. Mereka menyatakan lebih percaya dan lebih terdorong untuk membeli produk tersebut. Mudah-mudahan ini menjadi satu inspirasi besar bagi insan brand di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Peraih Top Brand Award 2024 ditentukan berdasarkan survei yang dilaksanakan serentak di 15 kota; Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Manado, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Samarinda, dan Denpasar.

Memiliki lebih dari 500 kategori penghargaan, Top Brand Award adalah ajang penghargaan paling dinanti insan brand Indonesia. Dengan jumlah kategori yang besar, acara Top Brand Award diadakan dua kali dalam setahun: Top Brand Award Fase 1 dan Fase 2.