Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Top Brand Award 2020 Kembali Digelar

Marketing – Majalah MARKETING dan Frontier Consulting Group kembali menyelenggarakan Top Brand Award 2020.

Top Brand Award adalah sebuah penghargaan terhadap merek yang banyak ditunggu-tunggu perusahaan-perusahaan di Indonesia. Top Brand Award yang telah memasuki tahun ke-14 ini juga merupakan  penghargaan merek paling berpengaruh di Indonesia. Logo Top Brand adalah logo yang paling banyak dipakai di berbagai kemasan, iklan promosi, maupun outlet.

Selama dua malam Top Brand Award akan diberikan kepada lebih dari 100 merek di Indonesia yang telah berhasil meraih 3 parameter Merek Top, yakni Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share. Dalam bahasa konsumen, merek peraih Top Brand adalah merek yang paling dikenal oleh konsumen di Indonesia, banyak dibeli oleh konsumen, dan mampu menciptakan loyalitas konsumen.

Top Brand merupakan hasil survei yang dilakukan lembaga riset independen Frontier Consulting Group, sebuah lembaga riset pemasaran terkemuka dan sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di Indonesia.  Sebagai lembaga riset yang selalu menjaga standar kualitas hasil surveinya, Frontier melibatkan 14.000 responden di 15 kota, memakai metodologi pengumpulan data lewat wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan khusus untuk survei Top Brand Index.

Dari hasil survei inilah kemudian dipilih merek-merek yang menempati posisi puncak (top) dengan melihat pada 2 kriteria:

  1. Merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10%.
  2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi tiga besar (top three) di dalam kategori produknya.

Karena dipilih langsung oleh konsumen melalui survei, maka pemenang Top Brand murni merupakan merek pilihan konsumen Indonesia. Saat ini logo Top Brand telah dipergunakan oleh banyak perusahaan karena menjadi simbol kepercayaan konsumen terhadap merek. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group:, ternyata dari 10 responden, 7 orang (70%) menyatakan paling sering melihat logo Top Brand dibandingkan penghargaan lain.

Selain itu, sebanyak 80% dari responden juga semakin percaya kepada mereka ketika melihat logo Top Brand.  Atau bisa dikatakan bahwa 4 dari 5 responden akan semakin percaya kepada suatu merek ketika melihat logo Top Brand. Bahkan, 60,5% dari responden menyatakan minat mereka membeli merek yang menggunakan logo Top Brand.

Itulah sebabnya perusahaan mempergunakan logo Top Brand bukan hanya sebagai sarana promosi, tetapi juga untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap mereknya.

Hasil lengkap Top Brand Award 2020 dapat dilihat di Majalah MARKETING edisi Februari 2020.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top