Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Top 10 Digital Campaign 2014 (Bagian 2)

ScarecrowDi artikel sebelumnya kita sudah mengetahui lima digital campaign apa saja yang masuk dalam daftar top 10 digital campaign 2014 versi Best Marketing International. Berikut ini adalah lima sisanya yang selama 2014 berhasil meraih banyak penghargaan internasional dan mendapat sambutan meriah dari audience. Inilah lima digital campaign dari daftar top 10 digital campaign 2014:

6. Scarecrow untuk Chipotle

Kampanye ini dirilis oleh jaringan restoran Meksiko cepat saji, Chipotle. Mereka ingin membuat sebuah iklan otentik dengan menciptakan konten yang bagus tanpa harus meneriakan nama merek.

Scarecrow yang merupakan animasi pendek yang tokoh orang-orangan sawah ini bercerita tentang kisah kelam penyimpangan genetika dan pemrosesan makanan.

Agensi: Creative Artists Agency, Moonbot Studios, Amerika Serikat)

Penghargaan: The Webby Awards, Andy Awards, Cannes Lions.

7. Sweetie untuk Terre Des Hommes

Kampanye ini dibuat oleh Terre Des Hommes sebagai gerakan untuk melawan “pariwisata seks anak” melalui webcam. Hal ini memang relatif baru tapi disinyalir merupakan salah satu bentuk pelecehan seks terhadap anak.

Sweetie sendiri merupakan tokoh rekaan virtual yang tampil sebagai anak berusia 10 tahun. Sweetie digunakan untuk memancing para predator anak. Dengan bantuan Sweetie, Terre Des Hommes berhasil menjaring database predator anak.

Miliaran orang melihat kampanye The Sweetie, dan beberapa pedofilia berhasil ditangkap. Sejauh ini sebanyak 17 orang di Inggris Raya saja.

Agensi: Lemz, Belanda

Penghargaan: Spin Awards, Tomorrow Awards, Cannes Lions

8. Red Light untuk Budweiser

Kampanye ini dibuat oleh Budweiser dan menyasar para fans hoki di Kanada. Mereka mempromosikan alat bernama Budweiser Red Light yang ditawarkan kepada para fans hoki. Alat ini bisa memberi informasi mengenai pertandingan yang akan datang dan skor tim favorit mereka.

Agensi: Anomaly, Kanada

Penghargaan: Festival of Media Global Awards, Cassies, One Show Awards.

Bud Red Light – Case Study from MWTT on Vimeo.

9. Nike SB App untuk Nike

Video ini bercerita tentang salah satu inisiatif yang digagas oleh Nike yang mendapat banyak sorotan tahun ini. Nike Skateboarding menawarkan sebuah aplikasi baru yang membuat pengalaman bermain skateboard menjadi lebih sosial.

Aplikasi ini dapat menawarkan sekaligus menganalisis trik, menjadi sarana berbagi video, dan ajang para skateboarder saling menantang dan berkompetisi dengan pemain lain. Pada akhirnya aplikasi ini menciptakan jaringan sosial para penggila skateboard secara global.

Agensi: R/GA, Amerika Serikat

Penghargaan: Andy Awards, One Show Awards, New York Festivals Advertising Awards.

10. Breaking Bad untuk Century 21

Breaking Bad merupakan sebuah serial terkenal yang bercerita tentang tokoh utamanya, Walter White, seorang guru kimia penderita kanker yang berubah menjadi pengedar obat terlarang untuk menghidupi keluarganya. Rumah Walter memainkan peranan penting dalam serial sepanjang lima musim ini.

Ketika serial ini berakhir pada September 2013 lalu, seorang agen Century 21 tidak menyia-nyiakan momentum tersebut. Ia mendaftarkan rumah tersebut di internet. Century 21 memberikan gambaran tentang rumah tersebut secara detail dan menyebarkannya ke berbagai situs sebelum episode terakhir ditayangkan.

Agensi: Mullen, Amerika Serikat

Penghargaan: Andy Awards, The Webby Awards, One Show Awards.

(Hando Sinisalu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top