Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Top 10 Digital Campaign 2014 (Bagian 1)

Live Test SeriesParuh pertama tahun 2014 telah kita lewati. Seperti biasa Best Marketing International, perusahaan riset asal asal Eropa ini mengeluarkan daftar 10 digital campaign terbaik sepanjang paruh pertama tahun 2014.

Daftar ini disusun berdasarkan jumlah penghargaan, baik regional maupun global, termasuk Cannes Lions, yang diperoleh digital campaign tersebut sepanjang Januari hingga Juni 2014. Itu pun tidak sembarang menang, hanya pemenang kategori Gold dan Grand Prix saja yang diperhitungkan, dan paling tidak mereka berhasil memenangkan tiga penghargaan berbeda.

Dari 10 digital campaign terbaik versi Best Marketing International ini, ada beberapa tren yang bisa kita tangkap, yaitu:

  • Kualitas produksi kampanye-kampanye tersebut sangat tinggi. Kampanye seperti Epic Split, Scarecrow, dan Real Beauty Sketches memiliki kualitas produksi sekelas Hollywood. Sekarang tampaknya sudah tidak ada lagi berbagi pesan merek dengan kualitas amatiran.
  • Kampanye film menggunakan Vine yang dibuat oleh Lowe membuktikan bahwa selalu ada pengecualian dan karya-karya “nyeleneh” yang keluar dari pakem. Kampanye tersebut membuktikan bahwa film bagus bisa dibuat hanya dengan bujet 5.000 dolar AS saja.
  • Kata-kata baru yang ramai dibicarakan selama penyelenggaraan Cannes Lions 2014 adalah “one-to-one-to-many”. Frasa tersebut digunakan untuk menerangkan bahwa interaksi asli adalah antara merek dan seorang atau sejumlah kecil konsumen. Tapi interaksi ini kemudian disebarluaskan kepada audience yang lebih besar melalui media sosial. Hal ini yang terjadi pada kampanye Samsung S4 dan Sweetie.
  • Last but not least, konten yang baik menjadi begitu penting. Sementara platform distribusi konten sangat beragam, mulai dari yang baru dan trendy seperti Vine, hingga yang konvensional seperti telepon.

Berikut ini adalah Top 10 digital campaign 2014:

1. Live Test Series untuk Truk Volvo FM

Kampanye ini dibuat untuk mempromosikan rangkaian produk truk Volvo terbaru. Untuk menampilkan fitur-fitur produk yang bagus, Forsman & Bodenfors, agensi asal Swedia yang membuat kampanye ini menampilkan satu seri video berkualitas tinggi.

Nilai entertainment yang tinggi membuat kampanye ini menjadi viral. Puncaknya adalah ketika mereka merilis video The Epic Split yang menampilkan aktor Van Damme split di antara dua truk Volvo yang sedang berjalan. Hingga bulan Juni, video ini sudah ditonton sebanya 73,5 juta kali di YouTube.

Agensi: Forsman & Bodenfors, Swedia

Penghargaan: Gulltaggen Awards, The Webby Awards, Andy Awards, One Show Awards, New Festivals Advertising Awards, Cannes Lions.

2. Real Beauty Sketches untuk Dove

Ini merupakan salah satu kampanye yang menjadi bintang viral pada tahun 2013. Ide kampanye ini adalah membangun loyalitas merek dan engagement melalui manifestasi kecantikan sejati.

Hasilnya sangat luar biasa. Video ini dirilis dalam 46 bahasa di seluruh dunia dan telah menarik perhatian media yang begitu besar. Hingga Juni 2014 video ini sudah ditonton sebanyak 63,5 juta kali.

Agensi: Ogilvy & Mather, Brasil

Penghargaan: Effie North America, One Show Awards, The Webby Awards, FIAP  Awards, Wave Festival.


3. All Eyes On The S4 untuk Samsung/Swisscom

Pada tahun 2013, Swisscom dan Samsung bersama-sama merilis kampanye Samsung Galaxy S4 di Swiss. Mereka menarik perhatian masyarakat di sana dengan membuat kompetisi di stasiun kereta utama di Zurich. Orang-orang diminta menatap billboard CLP selama waktu tertentu dengan distraksi yang begitu banyak.

Kompetisi ini ditayangkan secara live melalui streaming di microsite khusus. Video ini hingga Juni 2014 telah ditonton sebanyak 4,5 juta kali.

Agensi: Heimat, Berlin, Jerman

Penghargaan: Mobius Awards, Adc Schweizm Golden Award of Montreux, New Media Award, PIAF

4. Vine Fix In Six untuk Lowe’s

Lowe’s, sebuah merek produk perkakas berhasil memanfaatkan fenomena viral dengan cerdas. BBDO sebagai agensi membuat serangkaian kecil video Vine. Tiap video menampilkan perbaikan rumah sederhana. Video kompilasi Vine ini diproduksi hanya dengan bujet 5.000 dolar AS saja.

Lowe’s adalah salah satu merek yang berhasil membuktikan bahwa value memiliki peran krusial dalam marketing. Dan itu tidak selalu membutuhkan bujet besar.

Agensi: BBDO, New York

Penghargaan: Andy Awards, One Show Awards, Golden Award of Montreux, PIAF, American Advertising Awards.

5. Kan Khajura Station untuk Unilever India

Untuk merek, menjangkau wilayah pedesaan di India tidak lah mudah, mengingat komunikasi modern belum tersebar merata di sana. Unilever India selama bertahun-tahun berupaya menjangkau orang-orang di sana.

Kan Khajura Station merupakan radio mobile gratis. Orang-orang di sana hanya perlu melakukan missed call ke nomor tertentu dan akan menerima telepon dari nomor tersebut dan mendapat konten hiburan gratis, termasuk iklan dari brand Unilever.

Agensi: PHD, India

Penghargaan: Festival of Media Global Awards, Golden Awards of Montreux, Ames Awards, Cannes Lions.

Bersambung…

(Hando Sinisalu)

Click to comment

0 Comments

  1. nurul huda

    November 26, 2015 at 23:58

    keren,,,,, (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top