Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Tokopedia Resmikan Tokopedia Care Puri Kembangan

Marketing – Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional sekaligus untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan, Tokopedia meresmikan Tokopedia Care Puri Kembangan. Ini menjadi wujud salah satu DNA perusahaan, yakni Focus on Consumer.

Melissa Siska Juminto, Chief Operating Officer Tokopedia, mengatakan bahwa lebih dari 6,2 juta masyarakat telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia untuk menjangkau lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan di 97% kecamatan di Indonesia. “Kami berharap keberadaan Tokopedia Care Puri Kembangan menjadi salah satu jembatan untuk membangun kepercayaan pengguna dengan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mengakses layanan Tokopedia dengan lebih dekat.”

Ditambahkan Rudy Azhary Dalimunthe, VP of Operations Tokopedia, bahwa Tokopedia juga merupakan perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan Digital Customer Service di Tokopedia Care, yaitu layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital. Layanan Tokopedia Care sendiri sudah tersedia untuk seluruh pengguna sejak awal Tokopedia berdiri, yaitu pada tahun 2009.

“Pertumbuhan pengguna yang sangat signifikan dari tahun ke tahun membuat Tokopedia melihat adanya kebutuhan untuk mendirikan Tokopedia Care Tower di kawasan Puri Kembangan pada tahun 2018 lalu, kemudian di Yogyakarta dan Semarang. Kini tim Tokopedia Care telah mencapai hampir 2.000 Nakama (sebutan karyawan di Tokopedia),” kata dia.

Sediakan Ragam Fasilitas
Salah satu fasilitas yang disediakan Tokopedia Care adalah Service Experience Center dan dapat ditemukan di gedung Tokopedia Care Puri Kembangan. Terbuka untuk umum setiap hari kerja mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, fasilitas Service Experience Center ini dihadirkan sebagai kemudahan alternatif bagi pengguna Tokopedia untuk mendapatkan edukasi produk dan layanan Tokopedia atau menyelesaikan kendala mereka secara langsung (walk-in).

Fasilitas lainnya yang diresmikan adalah Tokopedia Customer Engagement Hub, yaitu sistem pusat kendali operasi untuk memantau kinerja Digital Customer Service secara real-time, termasuk suara pelanggan baik di media sosial maupun kanal lain layanan Tokopedia serta menerima berbagai data serta sumber informasi berbasis teknologi dari Tokopedia Care di Jakarta, Yogyakarta dan Semarang.

Di sisi lain, layanan pengguna Tokopedia kini juga memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) melalui chatbot yang membantu menjawab segala pertanyaan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Selain teknologi AI, Tokopedia Care yang mengimplementasikan Digital Customer Service juga menyediakan berbagai kanal layanan termasuk email, media sosial seperti Twitter dan Facebook, live chat, dan pusat resolusi sehingga segala kendala yang dihadapi oleh pengguna Tokopedia dapat ditangani secara tepat dan transparan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top