Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Tokko Semesta Hadir Perdana di Bandung

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Tokko, platform pembuatan toko online baru saja meluncurkan program perdana Tokko Semesta di Bandung, Jawa Barat secara virtual. Program pelatihan online ini dibuat dengan tujuan melatih pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa mengembangkan jualan online dan bisnisnya.

TOKKO SEMESTA

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, turut membuka peluncuran platform Tokko di Bandung.

Para UMKM ini akan mendapatkan pelatihan dengan tingkat kemahiran yang berbeda – beda dari para ahli penjelajah bisnis online ternama, mulai dari menjual online melalui official store atau website sendiri, pemanfaatan media sosial dan fitur – fitur beriklan online yang sudah terintegrasi di aplikasi Tokko.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang turut membuka peluncuran platform Tokko di Bandung, mengatakan, potensi ekonomi digital membuka pasar yang tidak terbatas bagi pelaku UMKM. Pemprov Jabar sendiri sangat peduli dengan upaya-upaya peningkatan keterampilan UMKM khususnya di bidang digitalisasi.

“Sebesar 90% ekonomi  Jabar berasal dari UMKM. Jadi kami ingin semua UMKM ini go digital, sehingga perlu melakukan pendampingan dan pelatihan, salah satunya di aplikasi Tokko,” tutur Ridwan Kamil.

Berdasarkan laporan riset Google dan Temasek baru-baru  ini pada tahun 2020 aktivitas jual beli ekonomi digital Indonesia mencapai USD44 juta atau setara Rp631 triliun. Diperkirakan dalam hitungan lima tahun atau pada 2025, akan ada potensi ekonomi digital sebesar USD124 juta atau setara Rp1.744 triliun.

Khususnya Jawa Barat, daya saing digital wilayah ini menempati posisi 2 setelah DKI Jakarta. Dengan ketangguhan ekonomi digital yang terbukti selama pandemi Covid-19, dengan pertumbuhan ekonomi digital Jawa Barat mencapai 40%.

“Aplikasi Tokko bisa memperkaya peluang ekonomi digital yang masih 3 kali lipat jumlahnya dari yang kita lihat hari ini,” beber Ridwan Kamil.

Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko, dalam kesempatan yang sama juga mengajak para pelaku UMKM untuk mengambil kesempatan ini dalam mengembangkan bisnis di platform digital melalui aplikasi Tokko yang bisa diunduh di Google Play Store.

“Tokko adalah platform yang bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online mereka. Tokko membuka akses ke konsumen sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat. Kami tim Tokko akan mendukung Anda semua karena kami percaya bahwa bisnis, brand dan pelanggan Anda adalah kunci kesuksesan,” ujar dia.

Beragam keuntungan mengikuti program Tokko Semesta, diantaranya membantu para UMKM agar tidak terjebak dalam perang harga, memiliki akses langsung ke data pelanggan, membuat website resmi dengan mudah dan cepat hanya 15 detik melalui smartphone-nya, serta solusi untuk iklan online yang mudah dan efektif.

Setelah Bandung, program Tokko Semesta akan digelar di Jawa Timur, Bali dan Indonesia Bagian Timur untuk membantu UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis lewat pembuatan kanal toko online melalui fitur website gratis yang disediakan Tokko dan mengembangkan bisnis mereka.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top