Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Waralaba?

Bisnis waralaba merupakan pilihan yang sangat tepat bagi mereka – khususnya generasi muda – yang ingin terjun menjadi pengusaha.

Banyaknya pilihan bisnis dan skema permodalan yang ditawarkan, bisnis waralaba berhasil menarik perhatian semua kalangan, tak terkecuali selebriti.

tips sukses bisnis waralabaSalah satu artis yang terjun ke bisnis waralaba adalah Lyra Virna yang menawarkan waralaba karaoke dengan nama ‘Lyrics Karaoke’.

Keputusan Lyra untuk membuka usaha karaoke berawal dari kegemarannya berkaraoke bersama keluarga. Tak mengherankan jika konsep yang ditawarkan Lyrik Karaoke pun adalah karaoke keluarga.

meski namanya telah dikenal luas masyarakat, Lyra mengaku lebih mengedepankan fasilitas dan layanan yang profesional dalam mengembangkan bisnis daripada brand pribadi.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilontarkan Utomo Njoto dari FT Consulting dalam workshop “Kiat & Perangkap Dalam Memilih & Menjalankan Bisnis Waralaba” yang digelar pada Sabtu (20/5) lalu.

 Ia mengatakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih usaha waralaba antara lain, kesiapan modal dan dana cadangan, tentukan bisnis apa yang ingin ditekuni, pastikan waralaba yang dipilih sudah terverifikasi dan berjalan dengan baik, pahami isi perjanjian kerja sama dengan jelas termasuk tentang hak, kewajiban, larangan, biaya, dan lain-lain, serta pelajari terlebih dahulu seluk beluk waralaba yang dipilih.

Selain itu, agar sukses menjalani bisnis waralaba, pelaku juga harus bisa memisahkan antara uang pribadi dan uang untuk usaha, selalu berkonsultasi dengan pemilik waralaba dan orang yang paham dengan usaha waralaba, persiapkan aspek administrasi dengan baik, pilih karyawan yang memiliki potensi untuk menjadi pimpinan, sediakan asuransi untuk usaha, dan selalu siap dengan hal-hal tak terduga.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top